6 Tips Hemat Listrik AC Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak - Masamos.com

6 Tips Hemat Listrik AC Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak

Tips Hemat Listrik AC Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak

Masamos | Tips Hemat Listrik AC Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak - Jika Anda termasuk orang yang setiap bulan selalu dikejutkan oleh besarnya tagihan listrik yang harua di bayar karena pemakaian Air Conditioner, maka Anda harus membaca artikel ini sampai habis. Walaupun sekarang sudah banyak di jual Air Conditioner yang promosinya irit energy listrik, tetapi jika digunakan dalam waktu yang lama tetap saja akan menggunakan energy yang banyak. Hal ini tentunya akan berimbas pada besarnya tagihan listrik yang akan Anda tanggung pada akhir bulan.

Tips Hemat Listrik AC Agar Pembayaran Tidak Membengkak


Kami akan coba memberikan beberapa tips menghemat listrik pada saat menggunakan Air Conditioner dalam waktu yang panjang setiap hari.

1.    Beli AC brend terkenal dan bergaransi


Tentunya dengan membeli AC yang sudah memiliki brend terkenal dan bergaransi akan lebih mahal dibandingkan dengan membeli AC yang tidak memiliki brand terkenal dan tidak memiliki garansi.
Walaupun sedikit lebih mahal tetapi AC yang memiliki garansi pada saat rusak tidak akan membebani Anda terlalu besar untuk ongkos perbaikannya, karena ada jaminan dari pabrikan asalkan kerusakan bukan disebabkan oleh cara pemakaian yang salah. Sebaliknya AC murah yang tidak memiliki garansi biaya perbaikannya akan mahal bila terjadi kerusakan.

2.    Kurangi Sumber Cahaya Matahari Yang Masuk


Jika terlalu banyak sumber cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah maka akan membuat temperature didalam rumah akan naik. Hal ini tentunya akan membuat AC bekerja lebih keras lagi untuk mendinginkan suhu ruangan.

AC bekerja keras mendinginkan suhu ruangan akan mengakibatkan pemakaian listrik menjadi lebih besar. Anda bisa menggunakan cara dibawah ini untuk menghalangi banyaknya cahaya matahari yang masuk kedalam ruangan :
  • Memasang tirai pada jendela
  • Menanam atau manaruh pohon yang berdaun  rimbun di depan jendela untuk menghalangi cahaya matahari masuk 
  • Mewarnai jendela dengan gambar-gambar menarik.

3.    Sirkulasi udara yang baik


AC tidak akan bekerja secara maksimal apabila sirkulasi udaa di rumah Anda tidak bagus. Untuk itu perlu secara rutin untuk melakukan sirkulasi udara dengan cara membuka jendela paling tidak selama 5 – 7 menit agar udara bisa keluar dan tersirkulasi dengan baik.
Selama proses tersebut Anda bisa menggunakan kipas tangan apabila suhu ruangan terasa panas.

4.    Gunakan timer


Dengan menggunakan timer Anda dapat menghemat penggunaan energi listrik cukup besar, karena Anda bisa mengatur AC bekerja pada saat dibutuhkan saja dan mati jika tidak diperlukan.

5.    Bersihkan Saringan Udara setiap bulan


Saringan udara/vent berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara. Bagian ini sering tersumbat oleh kotoran, jika dibiarkan akan mengakibatkan AC akan bekerja keras untuk mendinginkan suhu ruangan sehingga mengakibatkan tagihan listrik menjadi besar.
Jika saringan udara/vent ini dibiarkan kotor dalam waktu lama akan mengakibatkan kerusakan pada AC, hal ini tentunya akan menambah penguluaran Anda untuk service.

6.    Ikuti jadwal perawatan AC


AC yang dirawat dengan baik akan lebih hemat energy listrik apabila dibanding dengan AC yang tidak terawat. Pemeliharaan yang kurang baik dapat menyebabkan kerusakan pada AC, jika sudah rusak maka biaya perbaikannya tidaklah murah.

Selamat mencoba menghemat tagihan listrik. Bila artikel ini kamu nilai bermanfaat, jangan lupa membaginya kepada kawan, kolega dan kerabat kamu, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel