3 Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Surya - Masamos.com

3 Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Surya

3 Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Surya

3 Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Surya – Seperti judul diatas maka pada kesempatan ini kami akan membahas tentang salah satu sumber energi listrik yang murah, ramah lingkungan dan memiliki daya jangkau sampai ke pelosok dan daerah terisolir di Indonesia.

Tidak bisa di pungkiri bahwa pada masa sekarang ini kebutuhan terhadap energi listrik sudah sangat tingg, baik kebutuhan industri maupun rumah tangga. Hal ini mengakibatkan PLN yang merupakan perusahaan milik pemerintah yang bertugas untuk memproduksi dan menyalurkan energi listrik keseluruh wilayah Indonesia mulai kewalahan.

Pertambahan jumlah konsumen tidak sebanding dengan ketersedian energi listrik. Sehingga bukan lagi menjadi rahasia bahwa masih banyak daerah yang belum bisa menikmati listrik untuk penerangan dan mempermudah dalam melakukan segala aktifitas sehari-hari terutama daerah pelosok dan terisolasi.

Untuk mengatasi kurangnya  listrik untuk rumah tangga maka pemerintah mulai menggalakkan penggunaan listrik tenaga surya. Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) adalah pembangkit listrik yang mengubah energi surya (sinar matahari) menjadi energi listrik. PLTS memanfaatkan sinar matahari yang merupakan sumber daya alam yang tidak terbatas jumlahnya sebagai salah satu alternatif  untuk menghasilkan energi listrik.

Jenis pembangkit tenaga surya


Pembangkit listrik tenaga surya itu sendiri dapat dibedakan menjadi dua bila dilihat dari cara menghasikan listrik :

1. PLTS Fotovoltaik (Solar Photovoltaic Plants)


Jenis pembangkit ini yang biasa digunakan di rumah tangga karena lebih sederhana dan tidak memerlukan tempat yang luas.

Cara kerja dari PLTS Fotovoltaik untuk menghasilkan listrik adalah dengan memanfaatkan perbedaan tegangan akibat efek fotoelektrik. Solar panel terdiri dari 3 lapisan yaitu lapisan pertama biasa disebut lapisan P, lalu ditengah ada lapisan pembatas dan yang terakhir adalah lapisan N. Arus listrik dihasilkan karena lepasnya electron pada lapisan P dan mengalir ke lapisan N yang disebabkan oleh sinar matahari atau biasa disebut efek fotoelektrik.


2. PLTS Termal (Solar Thermal Power Plant)


Jenis pembangkit listrik ini memerlukan tempat yang luas dan peralatan yang cukup banyak. Semakin besar energy listrik yang ingin dihasilkan maka semakin luas juga
tempat yang dibutuhkan.

Cara kerja dari PLTS Termal dengan memusatkan energy surya menggunakan lensa atau cermin ke satu titik yang akan digunakan untuk memanaskan fluida. Fluida yang sudah dipanaskan tadi akan digunakan untuk memanaskan air sampai menjadi uap yang akan digunakan untuk memutar turbin yang terhubung dengan generator. Generator inilah yang menghasilakan listrik.

Manfaat pembangkit tenaga surya


Setelah kita mengetahui macam-macam dari PLTS maka kita akan membahas tertang apa saja manfaat dari pembangkit listrik tenaga surya terhadap lingkungan, ekonomi dan lainnya :

1. Sisi lingkungan



  • PLTS tidak akan mengakibatkan krisis kelangkaan energi karena menggunakan sinar matahari yang merupakan energy terbarukan yang melimpah dan tidak akan pernah habis tidak seperti pembankitdengan bahan bakar fosil.
  • PLTS bersih karena tidak menghasilkan emisi karbon berbahaya yang merupakan salah satu penyebab perubahan iklin.
  • PLTS tidak menghasilkan suara dan getaran sehingga tidak mengakibatkan gangguan pendengaran.

2. Sisi Ekonomi



  • PLTS memang membutuhkan biaya yang cukup mahal diawal tetapi selanjutnya akan lebih hemat karena sinar matahari tidak perlu kita beli alias gratis.
  • PLTS pemasanganya mudah, bisa dipindah-pindah dan bebas biaya perawatan.
  • PLTS dapat dibeli menyesuaikan dengan besar kecilnya energi listrik yang dibutuhkan sehari-hari, semakin besar energi listrik yang dihasilkan maka harganya semkin mahal.


3. Sisi Daya Jangkau



  • PLTS sangat cocok digunakan di Indonesia yang memiliki iklim tropis terutama di daerah-daerah terpencil  dan terisolasi yang sangat sulit dijangkau. Sehingga masyarakat didaerah tersebut juga dapat merasakan listrik seperti masyarakat di kota.


Penutup


Dengan membaca artikel tentang manfaat pembangkit listrik tenaga surya diatas maka dapat disimpulkan bahwa Indonesia sangat cocok menggunakan PLTS karena cahaya matahari melimpah sepanjang tahun.

Walaupun biaya yang dibutuhkan cukup besar diawal pemasangan tetapi dengan penggunaan jangka panjang maka akan menguntungkan. PLTS merupaka salah satu alternatif yang sangat bagus untuk pemenuhan kebutuha listrik daerah terpencin dan terisolasi. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel