5 Cara Menghemat Penggunaan Uang Elektronik - Masamos.com

5 Cara Menghemat Penggunaan Uang Elektronik

5 Cara Menghemat Penggunaan Uang Elektronik

5 Cara Menghemat Penggunaan Uang Elektronik - Jenis-jenis uang elektronik semakin banyak jumlahnya. Dari bank, layanan transportasi dan supermarket, berlomba-lomba mengeluarkana e-wallet  atau uang elektronik, yaitu:

  • Bank BCA yang mengeluarkan Flazz
  • Bank BRI dengan Brizzi
  • Mandiri dengan e-money
  • Outlet ritel seperti Indomaret juga mengeluarkan Indomaret Card
  • Kartu KMT, juga disebut kartu MultiTrip, diterbitkan oleh commuter line.


Jika Anda melihat fungsinya, ada kartu elektronik yang memiliki kegunaan serupa dengan kartu lain. Misalnya, Flazz dapat digunakan untuk berbelanja di toko ritel, jalan tol dan bahkan commuter line. Tanpa disadari, banyak dari kita memiliki semua dari karu tersebut yang membuat pengeluaran kita menjadi bertambah.

Untuk menjadi ekonomis dan tidak membuang-buang uang dengan jenis uang elektronik, ada baiknya Anda memilih dengan bijak sesuai dengan kebutuhan. Berikut Ini adalah cara menghemat menggunakan e-money.

Cara Menghemat Penggunaan Uang Elektronik


1. Pilih sesuai dengan kebutuhan Anda


Saat memilih jenis uang elektronik yang tersedia, pilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilih yang paling sering Anda gunakan.

Misalnya, jika Anda sering menggunakan commuter line dan menggunakan tol, pilih kartu kredit seperti Flazz atau e-money. Karena kedua kartu dapat digunakan untuk bepergian di commuter line, jalan tol dan bahkan berbelanja di toko-toko.

Sementara itu, bagi Anda yang menggunakannya hanya untuk commuter line, tidak ada salahnya memiliki KMT. Mungkin sedikit orang tahu bahwa kartu KMT diproses lebih cepat daripada kartu lain ketika di tap pada gate. Selain itu, jika saldo habis, Anda akan lebih mudah untuk mengisi ulang karena Anda dapat pergi ke loket commuter line terdekat.

2. Pilih uang elektronik yang dikeluarkan oleh bank


Dibandingkan dengan uang elektronik yang dikeluarkan oleh ritel, uang elektronik bank biasanya memiliki jangkauan yang lebih luas. Anda dapat menggunakan untuk membayar tol, commuter line, pembelian di hampir semua outlet ritel, dan sebagainya. Sementara uang elektronik seperti Indomaret Card tentu terbatas pada perdagangan ritel tersebut saja.

Namun demikian, jika Anda sering berbelanja di Indomaret, misalnya, tidak buruk memiliki kartu Indomaret card. Anda dapat melakukan pembelian lebih ekonomis jika kartu menawarkan beberapa penawaran khusus.

3. Minimalkan jenis uang elektronik yang Anda miliki


Jenis uang elektronik bisa sangat banyak. Namun, ada baiknya untuk meminimalkan jumlah kartu e-money milik Anda. Pilih dua dari banyak pilihan saja sudah cukup.

Anda dapat memilih sesuai dengan apa yang paling sering Anda gunakan. Misalnya, sebagaimana telah ditunjukkan. Jika Anda sering mengambil commuter line dan melewati jalan tol, dapatkan kartu uang elektronik dari bank dan KMT.

Terlalu banyak kartu yang benar-benar membuat pengeluaran Anda menjadi tidak terkontrol dengan baik. Uang Anda akan tersimpat dalam kartu-kartu tersebut sementara banyak dari kartu tersebut yang tidak terpakai. Akibatnya Anda tidak mempunyai cukup uang tunai untuk digunakan.

4. Isi saldo Secukupnya


Seperti halnya penggunaan uang tunai, adalah bijaksana untuk menyediakan anggaran tertentu untuk mengisi kartu e-money Anda. Dengan cara ini, Anda tidak tergoda untuk menghabiskan lebih dari perencanaan yang telah Anda lakukan.

Jadi ketika Anda menerima gaji, hitung berapa banyak uang yang akan Anda gunakan dengan kartu itu. Perkirakan berapa kali Anda akan menggunakan jalur suburban, melalui tol, termasuk belanja swalayan, dll.

5. Jaga kartu Anda dengan baik


Ingat bahwa kartu e-money mengalami kesulitan memulihkan saldonya jika kartu sampai hilang atau rusak, jadi jaga dan rawat kartu Anda dengan baik. Inilah penyebab mengapa bank dan retail umumnya menerapkan batas maksimal saldo hanya sekitar 2 juta saja.

Isi saldo dalam jumlah yang wajar dan secukupnya saja. Hal ini bukan saja menghemat pengeluaran, tetapi juga mengurangi risiko kerugian jika terjadi kehilangan kartu.

Jika sekarang Anda memilikinya semua, mulai sekarang cobalah untuk mengurangi jenis kartu yang Anda miliki dan lebih bijak lagi dalam menggunakannya.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai 5 cara menghemat penggunaan uang elektronik.E-wallet atau uang elektronik diatas  yang Anda miliki jenis yang mana saja. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel