7 Penyebab Rambut Bercabang Yang Wajib Diketahui - Masamos.com

7 Penyebab Rambut Bercabang Yang Wajib Diketahui

7 Penyebab Rambut Bercabang Yang Wajib Diketahui

7 Penyebab Rambut Bercabang Yang Wajib Diketahui - Selain rambut rontok dan ketombe, masalah rambut yang sering muncul adalah ujung rambut bercabang. Munculnya cabang-cabang di ujung-ujung rambut tidak hanya menghambat dan mengganggu penampilan. 

Rambut bercabang juga telah terbukti dapat mengurangi rasa percaya diri Anda juga. untuk menghindarinya maka hal yang terbaik dilakukan adalah segera mengidentifikasi penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab rambut bercabang


Berikut adalah penyebab rambut bercabang yang mungkin tidak Anda ketahui.

1. Umur rambut


Umur rambut ternyata menjadi salah satu penyebab rambut bercabang. Bagi kebanyakan wanita, memiliki rambut panjang adalah mimpi. Namun, dengan memanjangkan rambut, Anda akan meningkatkan risiko munculnya cabang pada rambut.

Ini karena semakin lama rambut, semakin tua usianya. Rambut yang jarang dipotong tidak merangsang pertumbuhan. Hasil? Rambut akan lebih rentan terhadap munculnya percabangan.

2. Mewarnai dan menata rambut


Proses pewarnaan dan penataan gaya rambut Anda sebenarnya dapat mengakibatkan rambut bercabang. Kandungan bahan kimia yang tinggi dalam cat rambut dan panas yang dihasilkan oleh alat styling dapat mengurangi kualitas rambut dan membuatnya lebih rentan terhadap berbagai gangguan, seperti rambut rontok dan bercabang.

3. sinar matahari


Tahukah Anda bahwa faktor cuaca dapat memengaruhi kesehatan rambu. Ketika matahari sedang panas-panasnya, rambut akan lebih banyak terkena sinar ultraviolet. Jika rambut tidak dilindungi dengan baik dari paparan sinar ultraviolet yang berlebihan akan mengakibatkan efek buruk pada kesehatan rambut, seperti kerusakan kutikula rambut, penurunan kelembaban dan cahaya alami rambut, rambut berwarna merah, rontok dan bercabang.

4. Konsumsi obat-obatan


Penyebab pencabangan rambut berikutnya adalah frekuensi mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Hal ini karena secara teratur mengkonsumsi beberapa jenis obat dapat menghilangkan kelembaban dari rambut.

Kandungan kimia dalam obat yang Anda konsumsi dapat mencegah penyerapan nutrisi melalui kulit kepala dan batang rambut. Akibatnya, rambut akan rontok, kering dan bercabang.

5. Terlalu sering mencuci rambut 


Siapa bilang mencuci rambut terlalu sering bermanfaat untuk rambut. Jika Anda terlalu sering mencuci rambut maka minyak alami pada kulit kepala akan berkurang sehingga kesehatan kutikula rambut berkurang. Akibatnya, rambut akan lebih cenderung bercabang.

6. Menyisir rambut pada saat basah


Kebiasaan menyisir rambut yang masih basah justru bisa memperburuk kondisi rambut Anda. Menyisir rambut pada saat basah akan mengakibatkan rambut mudah patah dan bercabang.

7. Asupan makanan


Kurang dan buruknya asupan nutrisi akan berdampak negatif pada kesehatan rambut Anda. Jika tubuh tidak mendapat cukup nutrisi, kualitas kutikula yang digunakan untuk membungkus dan mengikat serat-serat rambut akan berkurang sehingga rambut akan mudah patah dan bercabang.

Penutup 


Demikian tadi pembahasan mengenai 7 penyebab rambut bercabang yang wajib diketahui. Untuk menjaga agar rambut Anda tidak memburuk, yang terpenting adalah menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala Anda sambil mengurangi penggunaan bahan kimia, alat penata rambut, dan yang paling penting adalah terpenuhinya asupan nutrisi yang baik untuk rambut. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel