Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik - Masamos.com

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik - Memilih asuransi kesehatan adalah pekerjaan gampang-gampang susah, sebab setiap produk asuransi kesehatan tentunya akan mengklaim milik mereka adalah yang terbaik dari pesaing mereka.

Ada baiknya sebelum menjatuhkan pilihan pada satu jenis asuransi kesehatan, Sobat membandingkan beberapa asuransi kesehatan yang ada di pasaran. Jangan mudah terpengaruh oleh bujuk rayu dan promosi dari agen asuransi kesehatan.

Asuransi adalah produk yang memiliki ketentuan yang sangat kompleks, sehingga untuk memahami ketentuan-ketentuan yang tercantum didalamnya dibutuhkan ketelitian, kejelian dan waktu yang tidak sedikit untuk membaca manual book.

Asuransi merupakan suatu komitmen jangka panjang dari sobat, sehingga diharapkan tidak ada penyesalan dikemudian hari karena salah memilih asuransi kesehatan. Jadi memilih asuransi kesehatan yang benar dan tepat untuk sobat adalah merupakan suatu hal yang sangat penting.

Untuk membantu sobat yang masih merasa binggung dan ragi-ragu memilih asuransi kesehatan yang baik dan tepat, maka di bawah ini akan Kami coba untuk memberikan beberapa saran atau tips agar sobat tidak bimbang dalam mengambil keputusan.

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik


1. Pembayaran sistem cashless


Sistem Cashless berbeda dengan sistem Reimbursement yang mewajibkan sobat untuk membayar tagihan rumah sakit saat keluar setelah rawat inap terlebih dahulu dan kemudian mengajukan klaim penggantian ke pihak asuransi.

Sobat juga harus mengetahui dengan jelas proses klaim biaya tagihan rumah sakit agar tidak perlu mondar-mandir ke kantor auransi dan rumah sakit karena persyaratan yang kurang lengkap

Sistem Reimbursement tentunya tidak akan menjadi masalah apabila Sobat memiliki uang atau tabungan yang cukup, tetapi buat Sobat yang tidak memiliki uang dan tabungan tentunya akan menjadi masalah yang cukup besar.

Sistem Cashless sangat disarankan bila Sobat akan memncari asuransi kesehatan yang baik. Sobat hanya akan di minta menunjukkan kartu peserta asuransi pada saat masuk rumah sakit dan tidak harus membayar terlebih dahulu pada saat Sobat keluar dari rumah sakit.

Sobat tidak perlu direpotkan masalah uang yang akan digunakan untuk pembayaran biaya tagihan rumah sakit sehingga bisa fokus pada pemulihan kesehatan.

2. Asuransi yang  bisa diterima semua rumah sakit


Cari asuransi kesehatan yang bekerjasama dengan banyak rumah sakit baik dalam negeri maupun luar negeri. Mungkin Sobat akan bertanya seberapa banyak?, semakin banyak semakin bagus.

Mengapa harus memilih asuransi yang bekerjasama dengan banyak rumah sakit?. Karena jika Sobat memilih asuransi kesehatan yang bekerjasama dengan sedikit rumah sakit maka kemungkinan Sobat dirawat inap dirumah sakit yang tidak bekerjasama dengan asuransi yang sobat ikuti semakin besar.

Jika Sobat di rawat inap di rumah sakit yang tidak bekerjasama dengan asuransi kesehatan yang Sobat ikuti maka Sistem Cashless tidak akan bisa digunakan. Pada akhirnya Sobat diharuskan menggunakan pembayaran biaya tagihan rumah sakit dengan sistem Reimbursement.

3. Asuransi yang menjamin seluruh keluarga


Salah satu kategori sehingga asuransi kesehatan tersebut bisa dianggap baik adalah apabila perusahaan asuransi kesehatan tersebut menyediakan asuransi kesehatan keluarga.

Mungkin Sobat bertanya apa yang dimaksud asuransi kesehatan keluarga?. Asuransi kesehatan keluarga adalah asuransi kesehatan dengan satu polis dapat menjamin semua anggota keluarga.

Keuntungan dari asuransi kesehatan keluarga yang menggunakan satu polis adalah biaya preminya lebih murah disbanding dengan asuransi kesehatan yang menggunakan polis sendiri-sendiri.

4. Cara penggantian klaim


Ada dua macam cara penggantian klaim asuransi kesehatan yang umum kita kenal, masing-masing memiliki kelemahan dan keunggulan. Sobat harus mempelajari jenis penggantian mana yang paling cocok sebelum menganbil keputusan.

Dibawah ini akan Kami coba jelaskan tentang dua macam cara penggantian klaim yang umum dikenal di asuransi kesehatan :

  • Penggantian yang sesuai tagihan biaya perawatan di rumah sakit : Biasanya pihak asuransi kesehatan akan menentukan plafond secara terpisah untuk biaya kamar, biaya obat, biaya lab, biaya dokter umum, biaya dokter spesialis, biaya lab dan lain sebagainya. Dengan skema penetapan plafond terpisah ini maka dapat menghindarkan peserta asuransi kesehatan mengalami overplafond (Menghindarkan peserta menombok dengan uang sendiri).
  • Santunan harian rawat inap (cash plan) : Jenis penggantian cash plan adalah ketika Sobat rawat inap maka jumlah penggantian dari asuransi jumlahnya sebesar santunan harian dikalikan jumlah hari Sobat dirawat inap. Karena penggantian cash plan ini tidak melihat berapa besar tagihan rumah sakit maka resiko yang harus ditanggung peserta adalah harus menombok apabila tagihan rumah sakit lebih besar dari jumlah santunan atau sebaliknya.  Penggantian santunan harian rawat inap (cash plan) preminya relatif lebih murah dari Penggantian berdasarkan tagihan biaya perawatan di rumah sakit.

5. Persyaratan rawat inap


Banyak yang kecewa dengan asuransi kesehatan yang mereka pilih karena mereka berpikir bahwa pihak asuransi akan mengganti semua biaya apabila sakit dan dirawat inap.

Untuk menghindari hal tersebut maka sebelum menetapkan pilihan sekali lagi dianjurkan untuk memastikan detail dengan membaca polis dengan teliti atau menanyakan kepada agen asuransi saat mereka mengajukan proposal kepada Sobat.

Jika Sobat sudah pernah mengikuti asuransi kesehatan jangan terjebak karena setiap perusahaan asuransi biasanya memiliki syarat-syarat yang berbeda-beda dengan perusahaan asuransi lainnya.

Dibawah ini adalah contoh pertanyaan yang bisa Sobat tanyakan kepada agen asuransi pada saat mereka mengajukan proposal :

  • Apakah rawat inap harus di rumah sakit?
  • Apakah bisa rawat inap di klinik?
  • Apakah jika hanya dirawat inap 1 hari bisa mengajukan klaim?
  • Jika hanya di rawat di UGD selama 1 jam sudah bisa mengajukan klain?

Penutup


Jika ingin mendapatkan asuransi kesehatan yang baik maka Sobat harus rajin untuk mencari informasi dari bermacam-macam perusahaan asuransi yang ada di pasaran. Jangan malu untuk bertanya kepada orang-orang yang sudah terlebih dahulu mengikuti asuransi kesehatan dari mereka kita bisa mendapat banyak informasi tentang kelebihan dan kekurangan produk asuransi kesehatan.

Demikian tadi pembahasan tentang cara memilih asuransi kesehatan terbaik, setelah membaca artikel diatas diharapkan Sobat mempunyai gambaran yang lebih jelas lagi tentang asuransi kesehatan dan tidak lagi binggung dalam memutuskan pilihan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel