Cara Mudah Mengatasi Pembayaran DP Rumah - Masamos.com

Cara Mudah Mengatasi Pembayaran DP Rumah

Cara Mudah Mengatasi Pembayaran DP Rumah

Cara Mudah Mengatasi Pembayaran DP Rumah - Membeli rumah tentu merupakan keinginan setiap keluarga. Khususnya bagi Anda yang sudah memiliki penghasilan, keinginan utama Anda pastinya adalah memiliki sebuah rumah.

Tetapi masalahnya adalah kenaikan harga real estat setiap tahun tidak dibarengi dengan peningkatan pendapatan yang Anda terima dari perusahaan tempat bekerja.

Tidak heran banyak anak muda ingin membeli rumah, tetapi terhalang  karena harus menyediakan uang sebagai Down Payment (DP) kredit kepemilikan rumah (KPR) yang umumnya masih tinggi.

Cara mengatasi pembayaran DP rumah


Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi pembayaran DP rumah, yaitu:

1. Investasikan tabungan


Salah satu cara yang bisa diambil adalah menginvestasikan tabungan yang dimiliki. Tujuannya adalah agar aset ini tumbuh dan dapat digunakan untuk membayar DP rumah yang Anda inginkan.

Karena harga real estat akan terus meningkat, kita harus mau tidak mau juga menginvestasikan tabungan yang kita miliki, dan kemudian kita bisa membayar DP untuk pembelian rumah.

Tetapi sebelum berinvestasi dalam tabungan pribadi, perlu untuk menentukan terlebih dahulu periode pembelian sebuah rumah. Apakah dalam waktu dekat atau dalam tiga hingga lima tahun ke depan.

Idealnya, investasi yang Anda masukkan adalah periode waktu sesuai perkiraan, Anda akan membeli properti, misalnya, untuk tiga atau lima tahun lagi,"

Jika rencana Anda untuk membeli rumah dalam waktu dekat, Anda dapat memilih instrumen investasi yang menawarkan pengembalian tinggi. Perlu diingat bahwa resiko dan hasil dari investasi berbanding lurus jadi investasi dengan hasil tinggi selalu membawa risiko tingkat tinggi juga.

Jika waktu yang dimiliki tidak banyak maka cara tercepat adalah memasuki pasar modal misalnya bermain saham, tetapi Anda harus ingat bahwa risiko juga tentunya tidak kecil.

Jika Anda ingin memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko rendah, Anda dapat memilih instrumen investasi dari Reksadana pasar saham yang sedikit lebih aman.

Jika Anda ingin menginvestasikan tabungan Anda lebih aman lagi maka Anda dapat memilih reksadana berbasis saham atau dana campuran.

2. Pilih Program DP Down Payment


Selain itu, jika tidak tepat untuk berinvestasi dalam dana tabungan, calon pembeli juga dapat memilih program pembelian perumahan dengan pembayaran angsuran yang disediakan oleh pengembang real estat.

Untuk DP sendiri, ada pengembang real estate yang membebaskan DP yang bisa dilunasi dengan cara mengangsur juga, sehingga saat Anda membeli properti tidak perlu memiliki dana 20% dari harga rumah secara langsung, misalnya, tetapi hanya sebagian kecil saja.

DP perumahan saat ini saat ingin membeli properti berkisar antara 20% hingga 30% dari harga properti. Asumsikan bahwa aset target memiliki nilai Rp 300 juta, maka dana yang harus disiapkan setidaknya 20% x Rp 300 juta =  Rp 60 juta.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai cara mudah mengatasi pembayaran dp rumah. Bagi Anda yang ingin membeli rumah, tetapi masih dipusingkan dengan DP yang harus disiapkan maka Anda dapat mencoba untuk menginvestasikan tabungan atau mengikuti program cicilan DP rumah. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel