Kelebihan dan Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Rumah - Masamos.com

Kelebihan dan Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Rumah - Jika Anda mendapat penawaran untuk memasang pembangkit listrik tenaga surya atau biasa juga disebut solar cell di rumah tentunya pertanyaan yang akan terlontar adalah apakah mahal?. Tentunya jika kita melihat secara harga pasti semua orang saya rasa akan mengatakan MAHAL.

Tetapi perlu di ingat bahwa ini merupakan investasi jangka panjang sehingga akan hemat kedepanya. Anda hanya mengeluarkan biaya yang besar sekali selanjutnya dapat menikmati listrik secara GRATIS.

Di Indonesia penggunaan pembangkit listrik tenaga surya di rumah-rumah masih sangat jarang, alasannya tentunya adalah harga yang mahal. Bagi Anda yang masih ragu akan keuntungan menggunakan pembangkit listrik tenaga surya di rumah maka dibawah ini akan kami berikan beberapa keuntungan dan juga tidak lupa kami sertakan beberapa kekurangan PLTS sebagai pembanding.

Kelebihan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Rumah


Dibawah ini adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh jika menggunakan pembangkit tenaga surya di rumah :

1. Ramah lingkungan


Pembangkit listrik tenaga surya tidak menghasilkan emisi karbon yang berbahaya sehingga pemanasan globa dapat di kurangi. Dapat juga mengurangi ketergantungan terhadap pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar minyak dan batu bara yang dapat merusak lingkungan.

2. Tidak perlu bayar tagihan listrik


Dengan memasang pembangkit listrik tenaga surya di rumah awalnya Anda akan mengeluarkan biaya yang cukup besar tetapi setelah itu akan menghemat dalam jangka panjang karena tidak perlu lagi membayar tagihan listrik tiap bulan.

3. Kapasitas listrik dapat disesuaikan kebutuhan


Pembangkit listrik tenaga surya yang Anda akan pasang di rumah dapat disesuaikan dengan kebutuhan listrik yang diperlukan setiap harinya.

4. Pemasangannya mudah


Pemasangan pembangkit listrik tenaga surya di rumah sangat mudah karena ringan jadi tidak perlu membuat pondasi yang khusus. Dan jika Anda pindah rumah maka PLTS ini dapat di pindahkan sewaktu-waktu dengan mudah.

5. Bisa digunakan di mana saja


Pembangkit listrik tenaga surya merupakan salah satu solusi untuk masyarakat yang berada di pelosok dan daerah terisolir yang tidak bisa terjangkau jaringan listrik.

6. Terhindar dari pemadaman 

Bagi Anda yang memerlukan energi listrik secara terus menerus untuk menunjang pekerjaan maka memasang pembangkit listrik di rumah sangat cocok karena akan terhindar dari pemadaman PLN.

Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Rumah


Itu tadi beberapa keuntungan pembangkit listrik tenaga surya di rumah selanjutnya juga akan kami bahas mengenai kerugian PLTS sebagai bahan pertimbangan :

1. Biaya pemasangan mahal


Biaya pemasangan pembangkit listrik tenaga surya di rumah masih masuk dalam kategori mahal, sehingga menjadi kendala terbesar yang menjadi penyebab kurang populernya solar cell di masyarakat. Orang yang memasang solar cell masih sebatas orang dari golongan menegah ke atas.

2. Energi listrik yang dihasilkan tidak konsisten


Kelemahan utama dari pembangkit listrik tenaga surya adalah karena tergantung dari banyak sedikitnya intensitas cahaya matahari sehingga bila cuaca mendung atau matahari sedang tertutup awan maka produksi listrik juga menjadi tidak bisa maksimal.

3. Biaya perawatan


Walaupun perawatan solar cell tidak terlalu susah hanya perlu dibersihkan dari debu dan kotoran yang menempel agar kinerjanya tetap maksimal. Kadang kala juga Anda akan memerlukan biaya tambahan apabila terjadi kerusakan pada sistem dan yang paling sering adalah kerusakan yang disebabkan oleh sambaran petir.

Penutup


Dengan membandingan keuntungan dan kerugian dari pemasangan pembangkit listrik tenaga surya di rumah yang sudah Kita bahas diatas maka diharapkan Anda sudah dapat mengambil keputusan untuk mulai menggunakan PLTS atau tidak. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel