Kenali Waktu Tepat Anda Untuk Berolahraga - Masamos.com

Kenali Waktu Tepat Anda Untuk Berolahraga

Kenali Waktu Tepat Anda Untuk Berolahraga

Kenali Waktu Tepat Anda Untuk Berolahraga - Ada yang mengatakan bahwa jogging jam 6 pagi dapat menstimulasi jantung dan berkeringat sebelum siang tidak baik. Bahkan ada pendapat bahwa olahraga setelah makan malam lebih baik. Jadi, apa waktu yang tepat untuk berolahraga?

Sebenarnya sampai saat ini tidak ada penelitian yang dapat membuktikan jadwal yang tepat untuk latihan. Namun, Anda dapat menyesuaikan durasi latihan Anda dengan jam biologis tubuh untuk hasil yang optimal.

Yang dimaksud jam biologis tubuh adalah sistem yang berfungsi mengatur kapan tubuh harus beristirahat, membutuhkan makanan atau aktivitas lain yang dilakukan oleh tubuh selama 24 jam.

Menurut Steven Aldana, Ph.D., Professor of Lifestyle Medicine di Department of Exercise Science di Brigham Young University, jika Anda tidak tahu kapan latihan tersebut sudah benar atau  latihan yang Anda lakukan tidak cocok dengan jam biologis tubuh Anda.

Waktu Tepat Anda Untuk Berolahraga


Maka cobalah berolahraga sampai tubuh Anda nyaman pada rentang waktu tertentu, misalnya pagi, sore atau malam hari. Berikut adalah beberapa pilihan periode latihan yang tepat yang dapat Anda coba:

1. Berolahraga di pagi hari


Menurut Cedric Bryant, Ph.D., Manajer Ilmiah dari American Council on Physical Exercise di San Diego, berolahraga di pagi hari sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat otot tubuh menjadi lebih fleksi. Manfaat lainnya adalah membuat tubuh Anda menjadi lebih berenergi untuk menunjang aktifitas sepanjang hari.

2. Berolahraga di sore hari


Waktu yang baik untuk berolahraga di sore hari adalah dari antara jam 4 – 5 sore hari karena Ini adalah saat ketika kondisi tubuh berada pada waktu terbaik untuk latihan. Pada jam 4 – 5 sore energy tubuh sedang berada pada tingkat tertinggi dan fleksibilitas otot-otot juga sedang dalam keadaan yang baik. Anda dapat memilih latihan ringan, seperti joging untuk hasil yang optimal.

3. Berolahraga di malam hari


Berolahraga sebelum tidur dapat menstimulasi pertumbuhan otot yang lebih sempurna. Beberapa olahraga yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kebugaran tubuh seperti angkat besi atau aerobik.

Anda juga bisa saja berolahraga diluar dari waktu yang tepat seperti yang diuraikan diatas. Anda juga bisa berolahraga ketika tubuh Anda tidak fit, misalnya pada saat terserang pilek atau pada saat tubuh sedang mengalami kelelahan. Olahraga yang dipercaya akan menghasilkan endorfin yang menurut penelitian dapat meringankan gejala flu dan meningkatkan kualitas dan durasi tidur.

Penutup


Demikian tadi pembahasan kita mengenai Kenali Waktu Tepat Anda Untuk Berolahraga.  Cobalah untuk mengenali jam biologis tubuh Anda yang paling cocok untuk berolahraga agar olahraga yang Anda lakukan memperoleh hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel