Kerja Lembur Berbahaya Untuk Kesehatan - Masamos.com

Kerja Lembur Berbahaya Untuk Kesehatan

Kerja Lembur Berbahaya Untuk Kesehatan

Kerja Lembur Berbahaya Untuk Kesehatan  - Beberapa orang mungkin bersemangat mendengar kata "lembur" karena pada akhir bulan mereka akan menerima bonus sebagai kompensasi. Dengan kerja lembur Anda bisa mendapatkan pendapatan lebih selain dari gaji yang biasa di terima.

Kerja lembur mempunyai dampak positif terhadap pendapatan Anda, tetapi harus diingat juga selain dampak positif juga ada dampak negatifnya terutama bagi kesehatan Anda. Dengan bekerja lembur secara otomatis waktu istirahat Anda akan berkurang.

Bahaya Kerja Lembur


Meskipun ini memiliki manfaat finansial, lembur tidak bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Mengapa bisa lembur tidak bagus buat kesehatan fisik dan mental.

Berikut beberapa alasan bahaya bahaya lembur:

1. Pemicu penyakit


Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Claire C. Caruso, Ph.D., RN dan beberapa rekan di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) pada tahun 2004, ditemukan bahwa bahaya lembur bisamengganggu  kesehatan Tubuh, ketidaknyamanan di leher dan bagian muskuloskeletal (sendi, ligamen, otot, saraf, tendon dan tulang belakang). Hal ini dapat meningkatkan risiko kematian, mengurangi tingkat kinerja dan produktivitas kerja karyawan.

2. Tingkatkan kemungkinan mengonsumsi alkohol


Berdasarkan 61 penelitian yang diterbitkan oleh BMJ (British Medical Journal), terungkap bahwa pekerja yang bekerja lebih dari 48 jam seminggu memiliki peningkatan risiko menjadi pecandu alkohol sekitar 12-13%. Konsumsi alkohol berlebihan karena sering kerja lembur dapat meningkatkan risiko kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke, kanker dan penyakit hati.

3. Mengakibatkan kelelahan


Bahaya lembur yang bekerja terlalu sering dapat menyebabkan kelelahan, suatu kondisi di mana kelelahan fisik dan mental yang dapat membuat Anda merasakan kebuntuan ide dan energi.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institutes of Health Sciences di Aragon, orang yang bekerja lebih dari 40 jam seminggu beresiko mengalami  kelelahan 6 kali lebih tinggi dibandingkan mereka yang bekerja 35 jam seminggu.

4. Gangguan kesehatan mental


Lembur tidak hanya berbahaya bagi kesehatan fisik, tetapi juga secara mental. Lembur dapat membuat Anda merasa tergantung pada penghasilan lembur.

Ini jelas buruk untuk kesehatan mental karena Anda tidak akan merasa stres jika Anda tidak mendapatkan uang tambahan karena tidak ada tawaran lembur. Padahal lembur sendiri dapat mengakibatkan gangguan kesehatan lainnya.

5. Mengurangi kualitas hidup


Tahukah Anda bahwa bahaya bekerja lembur dapat mengurangi kualitas hidup Anda, karena disaat Anda bekerja, keluarga Anda mungkin sedang menunggu di rumah untuk makan malam bersama atau melakukan kegiatan lainnya..

Hubungan pertemanan juga dapat dapat terganggu karena Anda sibuk bekerja dan tidak mempunyai waktu untuk berkumpul dan bersosaliasi dengan teman.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai Kerja Lembur Berbahaya Untuk Kesehatan. Meskipun tergoda dalam hal keuangan, lembur yang berlebihan tidak baik untuk Anda. Jadi Anda harus mulai menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan untuk menghindari risiko di atas. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel