Makanan Yang Aman Untuk Penderita Diabetes - Masamos.com

Makanan Yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Makanan Yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Makanan Yang Aman Untuk Penderita Diabetes - Diabetes adalah penyakit kronis atau jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) yang tinggi dalam tubuh. Meskipun tidak ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini secara total, tetapi ini tidak berarti bahwa tidak ada cara untuk meminimalkan efek ini.

Selain penggunaan obat-obatan, penderita diabetes juga perlu terus memperhatikan kebiasaan dan jenis konsumsi makanan sehari-hari.

Selain harus mengikuti jadwal makan yang sama setiap hari, yang membagi jendela konsumsi menjadi 6 bagian termasuk 3 kali konsumsi makanan berat dan 3 camilan, penderita diabetes juga harus hati-hati memilih makanan yang masuk ke tubuh. Banyak orang berpikir bahwa pilihan diet untuk penderita diabetes sangat terbatas, hal itu sama sekali tidak benar.

Makanan yang aman untuk penderita diabetes


Berikut beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi penderita diabetes dengan aman:

1. Makanan mengandung karbohidrat kompleks


Karbohidrat kompleks adalah salah satu makanan bagi penderita diabetes. Karena komposisi serat membuat jenis makanan ini secara perlahan dipecah dan diserap oleh tubuh. Berikut beberapa sumber karbohidrat kompleks yang bisa Anda coba:

  • Beras merah. Tidak seperti nasi putih, beras merah mengandung banyak serat dan sedikit gula. Untuk alasan ini, konsumsi beras merah rutin sangat dianjurkan untuk penderita diabetes.
  • Roti gandum. Demikian pula, beras merah, kandungan serat yang tinggi dan kadar gula rendah dari roti gandum membuatnya menjadi makanan yang aman bagi penderita diabetes. Jadi, biasakan mengganti menu sarapan Anda dengan roti gandum untuk menjaga gula darah dalam tubuh Anda.
  • Oatmeal. Marisa More dari American Diabetic Association melaporkan bahwa makan oatmeal bebas gula sangat dianjurkan bagi penderita diabetes karena dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama tanpa meningkatkan gula darah.
Makanan Yang Aman Untuk Penderita Diabetes - karbohidrat kompleks


2. Ragam sayuran


Makanan penderita diabetes adalah berbagai sayuran. Siapa bilang penderita diabetes sebaiknya tidak makan sayuran? Selama mereka tidak dikalengkan, diasinkan atau diasamkan, sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayuran segar setiap hari, sesuai dengan kebutuhan tubuh akan serat, vitamin dan mineral. Penasaran ingin tahu sayuran mana yang bisa dikonsumsi dengan aman oleh penderita diabetes.

  • Bayam. Penelitian di Inggris menunjukkan bahwa lutein, zeaxanthin, dan flavonoid dalam bayam mengurangi risiko diabetes sebesar 14%. Bayam dikukus atau cahaya sehingga manfaatnya bagi tubuh menjadi optimal.
  • Sawi. Kandungan vitamin C dan alpha lipoic acid (ALA) dari sawi hijau telah terbukti bermanfaat dalam mengurangi kadar kortisol dalam tubuh, meminimalkan peradangan, memperbaiki pembuluh darah yang rusak dan mengurangi kadar gula dalam tubuh. darah.
  • Tomat. Tahukah Anda bahwa tomat telah terbukti mengurangi risiko pendarahan? Selain itu, sebuah penelitian di Australia juga menyimpulkan bahwa kandungan antioksidan, vitamin C, E, besi, dan lycopene dan lutein dalam tomat mampu menjaga dan meregenerasi organ dan pembuluh darah yang rusak akibat diabetes.
Makanan Yang Aman Untuk Penderita Diabetes - sayuran


3. buah-buahan


Pada kenyataannya, tidak ada yang mencegah penderita diabetes mengurangi konsumsi buah mereka. Selama jenis yang dipilih memiliki kandungan gula rendah dan disajikan langsung tanpa melalui proses memasak, konsumsi buah sangat dianjurkan karena dapat memenuhi persyaratan serat, mineral dan vitamin dari tubuh.

Pilih buah dan gula rendah kalori, seperti daftar buah untuk penderita diabetes (apel, pir, pepaya dan acai berry), seperti yang telah terbukti mengontrol kadar gula darah.

Makanan Yang Aman Untuk Penderita Diabetes - buah-buahan

4. Kacang-kacangan


Terakhir makanan yang aman untuk penderita diabetes, yaitu makanan dari kacang-kacangan seperti tahu dan tempe, dianggap sebagai sumber makanan ideal bagi penderita diabetes karena mereka rendah lemak, memiliki indeks glikemik rendah dan kaya nutrisi dan serat.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Toronto pada tahun 2012 menunjukkan bahwa 121 penderita diabetes yang mengonsumsi kacang setiap hari mengalami penurunan kadar HA1c dua kali lebih rendah daripada mereka yang rutin makan gandum.

Makanan Yang Aman Untuk Penderita Diabetes - kacang-kacangan

Penutup


Demikian tadi pembahasan tentang makanan yang aman untuk penderita diabetes. Bagi Anda yang mempunyai penyakit diabetes lebih baik selektif dalam memilih menu makanan, Anda dapat menjadikan menu makanan diatas sebagai menu harian Anda. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel