Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Tubuh di Pagi Hari - Masamos.com

Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Tubuh di Pagi Hari

Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Tubuh di Pagi Hari

Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Tubuh di Pagi Hari - Manfaat mandi air dingin tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kesehatan psikologi Anda, seperti pembangkit semangat.

Sesungguhnya sensasi air dingin di pagi hari sangat bagus bagi tubuh. Air dingin yang mengenai badan pada saat mandi dapat melancarkan aliran darah dan meningkatkan suplai oksigen, yang membuat Anda lebih bersemangat.

Sarapan sehat dengan menu sehat pada pagi hari akan membantu untuk melakukan segala aktifitas sepanjang hari. Jika Anda ingin lebih bersemangat lagi maka mandi menggunakan air dingin idak ada salahnya di coba.

Tetapi biasanya ada beberapa orang merasa enggan karena tidak mampu menahan rasa dinginnya air di pagi hari. Jauhkan rasa dingin tersebut karena manfaat mandi air dingin baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Manfaat dari mandi air dingin


1. Merangsang semangat


Suhu ekstrim adalah salah satu dari banyak alasan yang mencegah mandi air dingin di pagi hari. Tetapi tahukah Anda bahwa sensasi air yang menggigil yang menyentuh kulit akhirnya akan menghangatkan tubuh.

Sesungguhnya sensasi dingin tersebut dapat mempercepat pernapasan, melancarkan aliran darah dan meningkatkan suplai oksigen dalam tubuh. Uniknya, itu bisa membuat Anda lebih bersemangat tentang hari itu.

2. kulit sehat


Tidak seperti air panas yang dapat memperbesar pori-pori, air dingin adalah kebalikkannya karena dapat memperkecil pori-pori dan mencegah masuknya kotoran dan debu.

Selain itu, air dingin juga bisa mengobati jerawat, mengurangi peradangan, melembabkan dan mencerahkan wajah secara alami.

3. Mempercantik Rambut


Bersiaplah untuk rambut yang lebih sehat, kuat, dan berkilau dengan membilasnya secara teratur dengan air dingin.

Karena air dingin yang menyentuh kulit kepala akan menutup kutikula sehingga kandungan gizi sampo atau kondisinya meresap sempurna ke kulit kepala.

4. Melancarkan peredaran darah dan meningkatkan imunitas


Tahukah Anda bahwa sensasi rasa dingin yang Anda rasakan pada kulit akan memberikan efek kejut pada tubuh sehingga dapat merangsang kerja jantung menjadi lebih maksimal.

Tentu saja, ini sangat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah dan menghilangkan plak di pembuluh darah.

5. Bakar lemak tubuh


Manfaat mandi dingin sebenarnya bisa membakar lemak. Pada dasarnya, tubuh manusia mengandung dua jenis lemak, yang biasanya terakumulasi di pinggang, dan itu terlalu tinggi dalam kalori.

Ada juga lemak baik dalam tubuh atau lemak yang menjaga suhu tubuh tetap hangat bahkan ketika terkena dingin yang ekstrem. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 menyimpulkan bahwa mandi air dingin dengan rutin setiap hari akan kehilangan hingga 5 kilogram berat badan per tahun.

6. Tingkatkan testosteron dan tingkat kesuburan


Manfaat mandi air dingin dapat memaksimalkan produksi sperma, yang tentu saja sangat bermanfaat bagi kesuburan seseorang. Ini adalah penelitian yang dilakukan oleh Trombosis Research Institute, yang menyatakan bahwa itu dapat meningkatkan kadar testosteron pada pria.

Hormon yang tidak hanya bertindak untuk meningkatkan libido, tetapi juga energi dan stamina pria.

7. Mencegah dan mengobati depresi


Menurut sebuah studi oleh Departemen Onkologi Radiasi di Fakultas Kedokteran di Virginia Commonwealth University, Mandi dalam Air Dingin dapat menekan sel-sel otak yang bertanggung jawab atas timbulnya depresi.

Selain itu, adaptasi terhadap paparan air dingin dapat membantu tubuh dengan aspek psikologis lainnya seperti kecemasan.

8. Mencegah sakit otot


Ini sangat bagus untuk atlet, terutama bagi mereka yang terluka. Menurut sebuah studi tahun 2009, telah ditetapkan bahwa seseorang diberi mandi air dingin selama 24 menit pada suhu 10 hingga 15 derajat Celcius dapat mengurangi sakit otot lebih cepat daripada istirahat.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Tubuh di Pagi Hari. Tidak ada salahnya merasakan sensasi mandi air dingin di pagi hari karena banyak sekali manfaatnya bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel