Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan Tubuh - Masamos.com

Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan Tubuh - Manfaat sinar matahari sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, tulang, organ dan tidak terkecuali kesehatan mental Anda. Selain itu, sinar matahari juga bisa meningkatkan mood Anda. Namun, jangan terlalu lama terkena sinar matahari, karena ini bisa berakibat buruk bagi tubuh.

Manfaat sinar matahari untuk kesehatan tubuh


Berikut adalah penjelasan tentang manfaat sinar matahari bagi tubuh.

1. Bermanfaat untuk kesehatan tulang


Tahukah Anda bahwa manfaat sinar matahari baik untuk kesehatan tulang Anda? Menurut penelitian dari Perspektif Kesehatan Lingkungan (EHP), tubuh dapat menghasilkan sekitar 20.000 IU jika terpaparan sinar matahari selama paling sedikit 30 menit.

2. Mencegah penyakit tulang


Vitamin D dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah penyakit tulang, seperti osteoporosis dan osteomalasia.

3. Mencegah penyakit kulit


Menurut penelitian WHO, vitamin D yang diserap oleh tubuh dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit kulit, seperti eksim, sakit kuning dan jerawat.

4. Menghasilkan pra-vitamin D


Menurut prof. Menurut Michael F.Holick (2008) dari University of Wisconsin, sinar matahari adalah sumber vitamin D paling melimpah yang dapat diserap oleh tubuh manusia. Ketika kulit terkena sinar matahari, ultraviolet B (UVB) kemudian diserap oleh epidermis dan jaringan kulit kulit, yang kemudian menghasilkan pra-vitamin D sebagai bahan vitamin D.

5. Mencegah berbagai macam penyakit 


Vitamin D akan bekerja nantinya tidak hanya untuk kesehatan kulit dan tulang, yang dapat mencegah berbagai penyakit, seperti kanker usus besar, penyakit autoimun, tuberkulosis, influenza, dll.

6. Bermanfaat bagi kesehatan mental


Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, sinar matahari juga bermanfaat bagi kesehatan mental, seperti peningkatan produksi hormon serotonin yang mencegah gangguan afektif musiman (SAD) atau tipe depresi ringan ketika tubuh tidak mendapatkan cukup sinar matahari. Dengan paparan sinar matahari yang cukup, jumlah hormon serotonin dapat meningkat, yang membantu mencegah depresi ringan.

Efek Samping sinar matahari


Meskipun manfaat sinar matahari cukup besar untuk tubuh, Anda juga harus membatasi paparan sinar matahari ke tubuh Anda. Paparan sinar matahari antara pukul 10:00 dan 16:00 dapat menyebabkan kulit terbakar atau biasa dikenal dengan sunburn.

Sinar matahari pada siang hari tidak baik untuk kesehatan kulit Anda karena dapat menyebabkan kanker kulit karena paparan sinar ultraviolet. Untuk menghindarinya, Anda cukup menikmati manfaat vitamin D dari matahari selama 15 menit dua kali seminggu.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai manfaat sinar matahari untuk kesehatan tubuh. Dianjurkan untuk memakai tabir surya jika Anda berencana untuk pergi lebih lama di bawah sinar matahari. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel