Seberapa Banyak Air Yang Harus di Minum Setiap Hari - Masamos.com

Seberapa Banyak Air Yang Harus di Minum Setiap Hari

Seberapa Banyak Air Yang Harus di Minum Setiap Hari

Seberapa Banyak Air Yang Harus di Minum Setiap Hari - Apakah air baik untuk tubuh? Jawabannya tentu saja ya. Kekurangan air atau cairan di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti batu ginjal atau mengakibatkan sakit perut.

Dalam sehari, banyak hal yang bisa menyebabkan hilangnya cairan dalam tubuh, yaitu:

  • Bernapas,
  • Berkeringat
  • Buang air kecil dan buang air besar
  • Cuaca panas juga bisa mengakibatkan berkurangnya cairan dalam tubuh.


Apa yang harus dilakukan jika banyak cairan tubuh yang hilang?


Jika terlalu banyak cairan yang hilang, tubuh bisa mengalami dehidrasi atau dalam situasi di mana tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diterimanya, sehingga keseimbangan gula-garam tubuh terganggu dan tubuh tidak bisa berfungsi dengsn normalnya.

Meski tidak mengandung gula atau kalori, air dapat menggantikan cairan dalam tubuh. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi jenis minuman seperti jus buah, kopi, soda, es teh dan minuman lainnya.

Berapa banyak air yang harus diminum setiap hari?


Konsumsi air setiap hari 6 hingga 8 gelas air sehari. Tetapi dalam beberapa kasus, kita membutuhkan lebih banyak air, misalnya pada saat siang hari dimana matahari bersinar dengan terik atau pada saat tubuh tidak sehat atau sakit. Wanita hamil dan menyusui juga harus mengkonsumsi lebih banyak air daripada orang normal lainnya.

Bagaimana caranya kita tahu bahwa konsumsi air sehari-hari sudah cukup untuk tubuh? Mudah. Lihat saja warna urin yang dilepaskan, apakah sudah jernih atau kuning pucat, jika iya maka Anda sudah minum air dalam jumlah yang tepat. Jika berwarna kuning gelap, Anda tidak memiliki jumlah air yang tepat.

Kebiasaan minum air putih di pagi hari sebelum minum kopi atau teh adalah kebiasaan yang sangat bagus. Ingat untuk selalu menyediakan air di tempat yang mudah dijangkau kapan saja pada saat dibutuhkan.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai seberapa banyak air yang harus di minum setiap hari. Untuk menghindari rasa bosan Anda juga bisa menambahkan sedikit gula, seiris lemon atau jeruk nipis dalam air. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel