Yang Harus Dihindari Agar Wajah Sehat Bebas Jerawat - Masamos.com

Yang Harus Dihindari Agar Wajah Sehat Bebas Jerawat

Yang Harus Dihindari Agar Wajah Sehat Bebas Jerawat

Yang Harus Dihindari Agar Wajah Sehat Bebas Jerawat - Semua orang pasti akan merasa terganggu dengan kehadiran jerawat yang bisa mengganggu penampilan. Sebelum memutuskan untuk mengobatinya, pertama-tama Anda harus menemukan penyebab jerawat tersebut.

Penyebab timbulnya jerawat


Jerawat muncul karena beberapa alasan, seperti:

  • Terjadi penyumbatan pada pori-pori wajah
  • Penumpukan sel-sel kulit mati 
  • Infeksi bakteri 
  • Penggunaan kosmetik yang berlebihan
  • Stres terus-menerus
  • Efek obat-obatan 
  • Konsumsi makanan yang tidak sehat.

Selain mampu mengurangi kepercayaan diri, jerawat sering mengganggu kehidupan sehari-hari karena beberapa bagian wajah bisa terasa bengkak dan menyakitkan. Oleh karena itu, ada baiknya mencegah timbulnya jerawat dari awal.

Cara agar wajah sehat bebas jerawat


Hindari hal-hal berikut agar mendapatkan wajah yang sehat terbebas dari jerawat.

1. Malas membersihkan kulit wajah


Kegiatan di luar ruangan dapat menyebabkan kulit berminyak dan kusam. Kotoran, debu dan polusi pada kulit dapat menyumbat pori-pori jika tidak segera dibersihkan. Akibatnya jerawat mungkin akan muncul di sekitar wajah.

2. Berlebihan membersihkan kulit wajah


Malas membersihkan kulit wajah seperti pada point no 1 memang bisa menyebabkan jerawat. Tetapi kebiasaan mencuci muka terlalu sering juga bisa meningkatkan kelenjar minyak (sebaceous) pada kulit wajah, sehingga menyebabkan jerawat. Solusinya, cukup cuci muka 2 atau 3 kali sehari.

3. Hindari kosmetik yang mengandung minyak


Perubahan hormon dalam tubuh merangsang produksi kelenjar minyak (sebaceous) yang dapat menyumbat pori-pori. Karena itu, hindari menggunakan produk kecantikan yang mengandung minyak dan ganti dengan yang berbahan dasar mineral sehingga wajah bisa terhindar dari jerawat.

4. Memegang kulit wajah terlalu sering


Beberapa wanita sering menyentuh kulit mereka ketika mereka berpikir atau menghapus keringat di sekitar wajah mereka dengan tangan mereka. Tanpa disadari, itu mungkin cara melekatkan bakteri ke kulit wajah dan menyebabkan pori-pori tersumbat. Ini menyebabkan munculnya jerawat pada kulit.

5. Merokok


Efek negatif merokok tidak diragukan lagi. Merokok dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya, seperti kanker jantung dan paru-paru.
Namun, tahukah Anda bahwa merokok juga bisa memicu jerawat? Sesungguhnya, zat-zat yang terkandung dalam rokok dapat merusak sistem kerja kulit. Jadi, hindari merokok jika Anda menginginkan kulit wajah yang bersih dan sehat.

6. Stres


Stres tidak hanya mengganggu kondisi psikologis, tetapi juga mempengaruhi kulit. Produksi hormon akan meningkat ketika stres melanda. Akibatnya, kulit menjadi kusam dan berminyak, menyebabkan jerawat.

7. Kurang tidur


Tidur terlalu larut merusak dan mengganggu regenerasi sel kulit. Kulit akhirnya akan menjadi kering, kusam, berkerut dan berjerawat.

8. Pemakaian kosmetik yang berlebihan


Paparan yang berlebihan terhadap bahan kimia tidak baik untuk kulit. Karena itu, berhati-hatilah dalam memilih kosmetik karena dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat. Jangan lupa mencuci muka ketika Anda selesai menggunakan kosmetik karena bahan kimia yang dikandungnya bisa meresap ke kulit Anda.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai Yang Harus Dihindari Agar Wajah Sehat Bebas Jerawat. Sebenarnya tidak sulit bukan untuk mencegah munculnya jerawat yang akan mengganggu penampilan Anda. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel