4 Cara Mengatur Keuangan Agar Masa Tua Anda Cerah - Masamos.com

4 Cara Mengatur Keuangan Agar Masa Tua Anda Cerah

4 Cara Mengatur Keuangan Agar Masa Tua Anda Cerah

4 Cara Mengatur Keuangan Agar Masa Tua Anda Cerah - Cara mengatur keuangan tanpa disadari memengaruhi gaya hidup seseorang, terutama Generasi muda yang sebagian besar tidak dapat menangani keuangan mereka dengan benar.

Mereka selalu punya cara untuk menghasilkan uang dalam rupiah, hal ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Mereka mendapatkannya bisa bekerja ataupun bisnis.

Sayangnya, beberapa dari mereka tidak dapat menangani uang mereka dengan benar. Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa uang yang mereka hasilkan hanya habis begitu saja.

Lebih buruk lagi, mereka bahkan tidak memiliki tabungan atau investasi untuk mengamankan masa depan mereka. Alasannya adalah uang yang mereka hasilkan hanya dihabiskan untuk bersenang-senang.

Terlalu sering kumpul-kumpul dengan teman di tempat yang terkenal. Belum lagi belanja dan liburan, jadi tidak pernah sama sekali berpikir akan masa tua nanti. Banyak dari anak muda sekarang yang berpikiran hidup hanya sekali, jadi tidak ada salahnya untuk bersenang-senang.

Mereka juga berpikir karena sudah capek kerja jadi tidak masalah untuk melakukan hal yang disenangi dengan cara membeli barang yang diinginkan dengan uang yang dihasilkan.

Sebenarnya cara berpikir seperti itu bukan masalah, tetapi akan menjadi masalah  jika Anda terlalu banyak bersenang-senang dan melupakan masa depan. Apakah Anda ingin terus bekerja keras mencari uang sampai tua.

Tentu Anda tidak menginginkannya bukan? Oleh karena itu, yang terbaik adalah menghindari atau menghentikan kebiasaan mengambur-hamburkan uang pada usia muda.

Cara Mengatur Keuangan Agar Masa Tua Cerah


Berikut ini adalah cara mengatur keuangan ini yang membuat masa depan atau hari tua Anda menjadi cerah.

1. Menabung untuk dana pensiun


Siapa dari Anda yang tidak memiliki tabungan untuk dana pensiun sejauh ini? Atau Anda tidak berpikir tentang menyimpan uang dalam tabungan untuk dana pensiun?
Agar masa depan Anda cerah maka mulai sekarang sisihkan penghasilan Anda untuk membuka tabungan dana pensiun.

Jika Anda berat, menabung dalam jumlah besar setiap bulan maka Anda dapat menyimpan uang Anda setiap hari sekitar Rp. 20.000 rupiah. Jika konsisten itu berarti dalam sebulan Anda bisa dapat menyimpan sekitar Rp. 600.000 rupiah.

Coba hitung:

1 bulan = Rp. 600.000 rupiah

1 tahun = 600 x 12 Rp atau 7,2 juta Rp

Jika Anda menghemat 20 tahun. Ini berarti bahwa tabungan dana pensiun Anda bisa mencapai Rp. 144 juta rupiah.

2. Pembayaran tagihankartu kredit tepat waktu


Selain tidak memiliki tabungan dalam  bentuk dana pensiun. Generasi muda sekarang juga sering terlambat membayar tagihan kartu kredit atau bahkan melakukan pembayaran minimum.

Tahukah Anda bahwa kebiasaan buruk membayar tagihan kartu kredit dapat membuat Anda kesulitan nantinya. Anda bahkan dapat jatuh ke dalam perangkap utang yang pasti akan membuat masa depan Anda menjadi gelap.

Alasannya adalah jika Anda terlambat membayar atau jika Anda membayar tagihan minimum, Anda akan mendapatkan denda atau bunga yang akan membuat tagihan Anda menjadi lebih besar.

3. Hindari memiliki skor kredit yang rendah


Karena Anda terlalu sering telat membayar tagihan atau membayar dengan tagihan minimum. Maka skor kredit Anda akan rendah. Jika seperti itu, Anda akan kesulitan mengajukan pinjaman, contohnya Anda akan kesulitan untuk mengajukan kredit kepemilikan rumah (KPR).

Sayangnya masih banyak generasi muda sekarang yang tidak pedulikan hal ini.  Di masa depan Anda menyesal karena kesulitan mengajukan pinjaman.

Karena skor kredit yang rendah berdampak pada kemungkinan pinjaman yang tidak dapat diterima oleh peminjam. Semakin rendah skor kredit, peminjam dianggap berisiko tinggi atau kemungkinan tidak membayar dimasa depan besar.

4. Hindari hutang yang menghalangi investasi masa depan


Utang tampaknya menjadi sesuatu yang tidak dapat dilepaskan oleh generasi muda sekarang. Dari hal-hal sepele seperti meminjam dari teman atau bahkan melalui pinjaman online yang sekarang tersebar di pasar.

Ini mencegah generasi muda untuk berinvestasi karena uang mereka habis hanya untuk membayar hutang saja.

Anda harus berpikir dengan hati-hati sebelum mengajukan pinjaman. Jangan meminjam uang untuk sesuatu yang tidak penting.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai 4 cara mengatur keuangan agar masa tua anda cerah. Agar masa tua menjadi cerah maka Anda harus bijaksana dalam mengelola keuangan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "4 Cara Mengatur Keuangan Agar Masa Tua Anda Cerah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel