5 Cara Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari Yang Terbukti Ampuh - Masamos.com

5 Cara Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari Yang Terbukti Ampuh

5 Cara Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari Yang Terbukti Ampuh

5 Cara Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari Yang Terbukti Ampuh - Hati-hati jika Anda terkena sinar matahari terlalu lama. Karena kulit bisa mengalami sunburns atau luka bakar. Jika Anda memilikinya, Anda merasa buruk, Anda tidak akan merasa percaya diri. Namun jangan khawatir, ada berbagai cara efektif untuk mengalahkan kulit yang terbakar matahari.

Cara mengatasi kulit yang terbakar matahari yang terbukti ampuh


Paparan yang lama terhadap sinar UVA dan UVB dapat menyebabkan lesi dan iritasi kulit. Selain dipengaruhi oleh periode penyamakan, jenis kulit dan intensitas sengatan matahari juga dapat mempengaruhi tingkat keparahan penyakit.

Kulit yang terbakar biasanya akan menjadi merah dan menyakitkan. Bahkan jika luka bakar sudah cukup parah, kulit akan bengkak dan melepuh. Selain itu, Anda mungkin juga mengalami berbagai gejala mirip flu seperti demam, mual, sakit kepala, dan kelemahan.

Untuk mengatasi kulit terbajar matahari Anda bisa melakukan beberapa hal, yaitu:

1. Minum banyak air


Luka bakar biasanya menarik cairan ke permukaan kulit untuk menjauh dari bagian tubuh yang lain. Akibatnya, Anda akan mudah dehidrasi. Dengan memenuhi kebutuhan cairan Anda, tubuh Anda akan tetap terhidrasi dengan baik dan mencegah kulit mengering, yang dapat memperparah gejala-gejala terbakar sinar matahari.

Karena kulit kering biasanya sangat menjengkelkan. Meskipun menggaruk kulit yang sedang mengalami luka bakar hanya akan menyebabkan iritasi. Selain air, Anda bisa mengonsumsi air kelapa atau minuman olahraga untuk mengisi elektrolit yang hilang.

2. Minum obat anti-inflamasi


Jeffrey Brackeen, MD, spesialis kulit di Amerika Serikat dan anggota The Skin Cancer Foundation, menyarankan Anda untuk minum obat untuk mengobati sengatan matahari. Ketika Anda mulai memperhatikan bahwa kulit Anda menunjukkan tanda-tanda terbakar, maka cobalah minum obat yang dapat membantu meredakan peradangan.

Obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen dan naproxen, membantu mengobati rasa sakit karena peradangan kulit.

3. Jangan memencet atau menggaruk luka yang melepuh


Untuk mengobati kulit yang terbakar dan mengobatinya dengan cepat, cobalah untuk tidak memencet atau menggaruk ketika lepuh mulai muncul. Lepuh menunjukkan bahwa Anda memiliki luka bakar derajat kedua.

Jika Anda menggaruk atau bahkan meremasnya, jangan kaget jika cedera Anda memburuk. Karena itu, kendalikan keinginan untuk menggaruk diri agar kulit terlindung dari infeksi.

4. Taruh handuk dingin di kulit


Hal pertama yang harus dilakukan untuk melawan sengatan matahari pada kulit adalah mengambil handuk dan rendam dalam air es. Kemudian tekan dan letakkan handuk di kulit selama 10 hingga 15 menit. Metode ini digunakan untuk membantu menetralkan panas pada kulit Anda.

Jika Anda mengalami kulit terbakar di bagian-bagian tertentu dari tubuh, Anda dapat mengambil cara yang lebih mudah dengan mandi. Mandi membantu meringankan rasa sakit yang Anda rasakan. Namun jangan lupa gunakan pelembab jika Anda mandi lebih dari biasanya agar kulit tidak kering.

5. Gunakan pelembap dan krim khusus untuk menenangkan kulit


Ketika kulit terbakar oleh matahari, Anda harus menggunakan pelembab untuk melembabkan kulit kering. Pilih pelembab dengan berbagai bahan yang menenangkan seperti lidah buaya. Aloe Vera
dapat memberikan efek segar yang membuat kulit jauh lebih baik.

Selain lidah buaya, Anda juga bisa menggunakan krim khusus untuk membantu melembapkan dan meregenerasi kulit yang rusak akibat luka bakar. Anda dapat menggunakan produk yang terbuat dari daun Centella asiatica atau Gotu kola.

Seperti dikutip oleh WebMD, tanaman ini mengandung bahan kimia tertentu yang membantu mengurangi peradangan. Selain itu, Centella Asiatica juga dapat meningkatkan produksi kolagen, yang sangat penting untuk menyembuhkan luka bakar karena paparan sinar ultraviolet yang berkepanjangan.

Anda juga harus berhati-hati dan menghindari krim atau lotion yang mengandung petroleum, benzocaine atau lidocaine. Minyak memerangkap panas pada kulit sementara benzocaine dan lidocaine dapat mengiritasi kulit.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai 5 cara mengatasi kulit yang terbakar matahari yang terbukti ampuh. Meskipun kedengarannya seperti kondisi sementara dan tidak berlangsung lama, sengatan matahari dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit.

Kerusakan ini dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Karena itu, jangan meremehkan kondisi ini dan mengobatinya dengan cara yang benar. Semoga bermanfaat

0 Response to "5 Cara Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari Yang Terbukti Ampuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel