5 Cara Meyakinkan Pihak HRD Untuk Mendapatkan Pekerjaan Impianmu - Masamos.com

5 Cara Meyakinkan Pihak HRD Untuk Mendapatkan Pekerjaan Impianmu

5 Cara Meyakinkan Pihak HRD Untuk Mendapatkan Pekerjaan Impianmu

5 Cara meyakinkan pihak HRD untuk mendapatkan pekerjaan impianmu - Sudahkah Anda mengirim lamaran kerja ke beberapa perusahaan tetapi Anda belum menerima panggilan dari perusahaan? Atau Anda sudah memasuki tahap wawancara tetapi tidak dipanggil ke langkah berikutnya?

Jika Anda memiliki kedua masalah di atas, Kami akan coba memberikan beberapa tips untuk membantu Anda bersaing dan menarik perhatian HRD perusahaan yang Anda coba masuki.

Poin penting yang perlu Anda pahami adalah bahwa tidak cukup mengandalkan hasil akademis untuk mendapatkan pekerjaan. Ada ribuan, bahkan jutaan, orang-orang yang memiliki nilai rata-rata dan jalur pendidikan sama seperti Anda.

Cara meyakinkan pihak HRD untuk mendapatkan pekerjaan impianmu.


Tugas Anda adalah bagai mana meyakinkan perekrut pekerjaan jika Anda cukup kompeten dan berbeda dari kandidat lain.

1. Temukan hobi dan bakat


Entah itu menulis, membaca, bermain peran atau kegiatan olahraga seperti berlari atau sepak bola, hobi ini mulai tumbuh. Jika Anda berpikir perekrut tidak tertarik pada apa yang Anda suka, Anda salah besar.

Bisnis dapat jauh lebih tertarik untuk mendengar cerita tentang minat dan gairah mereka daripada melalui transkrip, karena semangat dapat membantu mereka mengenal Anda lebih baik.

Jadi, cobalah temukan dan pertajam bakat Anda. Mulailah bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan hobi Anda. Jika Anda masih tidak yakin kegiatan mana yang paling Anda sukai, jangan panik. Berikut beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda menemukan hobi yang tepat:

  • Kegiatan apa yang paling Anda sukai tentang masa kecil Anda? Atau adakah kegiatan yang membuat Anda sangat senang melakukannya?
  • Topik apa yang Anda minati ketika Anda membicarakannya?

Jika Anda masih kesulitan menjawab dua pertanyaan di atas, Anda dapat memulai dengan memilih aktivitas yang menurut Anda paling menarik atau yang membuat Anda lebih ingin tahu. Habiskan setidaknya satu jam sehari atau dua kali seminggu untuk mulai menjelajahi hobi baru Anda.

 Jika dalam 2-4 minggu Anda tidak dapat menikmati aktivitas tersebut, mungkin hobi tidak sesuai dengan Anda. Namun jangan menyerah dengan cepat, coba aktivitas lainnya segera sampai Anda menemukan hobi yang tepat.

2. Bergabung menjadi Sukarelawan


Satu hal yang dapat membedakan Anda dari orang lain adalah berpartisipasi dalam kegiatan sukarela atau yang biasa dikenal sebagai sukarelawan. Anda dapat mulai bergabung dengan komunitas yang Anda perhatikan. Misalnya, bergabunglah dengan WWF Indonesia jika Anda peduli dengan konservasi hewan dan lingkungan.

Bantuan sosial Anda dapat menjadi poin tambahan, tidak hanya untuk perekrut pekerjaan, tetapi juga di seluruh dunia. Menjadi sukarelawan adalah kegiatan yang tidak hanya mengundang Anda untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang dan lingkungan, tetapi juga menjadi tempat sosialisasi dan pengembangan keterampilan yang Anda miliki.

3. Buat blog pribadi


Di era teknologi, membuat gambar di media sosial telah menjadi salah satu hal yang perlu diperhitungkan. Selain mudah diakses oleh perekrut pekerjaan, media sosial juga dapat memberikan gambaran tentang diri Anda. Jika Facebook, Twitter atau Instagram dipenuhi dengan keluhan atau bahkan selfie, buat blog yang dapat digunakan sebagai dompet online.

Jangan takut untuk mulai menulis tentang apa pun yang Anda pikirkan karena blog adalah tempat di mana Anda dapat "mengekspresikan" dunia. Dengan rutin menulis artikel di blog, Anda tidak hanya meningkatkan keterampilan menulis Anda, tetapi Anda juga belajar untuk menerima komentar dan kritik dari pembaca Anda.

4. Jadwalkan perjalanan


Jangan pernah melewatkan kesempatan untuk bepergian, baik di luar negeri atau di luar kota. Ya, mungkin masih banyak dari Anda yang tidak suka bepergian banyak, karena selain menghabiskan uang, kegiatan ini terkadang membutuhkan persiapan yang cukup merepotkan.

Namun, penting untuk merencanakan perjalanan Anda setidaknya dua kali setahun, karena pengalaman dan keterampilan yang diperoleh selama perjalanan dapat membuat Anda lebih berkembang daripada sebelumnya!

Anda dapat mulai menyimpan dan merencanakan perjalanan ke kota-kota terdekat. Jika anggaran Anda minim, Anda dapat mencoba bepergian dengan seorang backpacker! Tidak perlu khawatir, banyak agen perjalanan sekarang menawarkan fasilitas yang memungkinkan Anda untuk bepergian dengan anggaran rendah.

Pengalaman unik dan cara Anda menangani masalah selama perjalanan dapat menjadi bagian yang menarik untuk diceritakan pada saat wawancana dengan para perekrut tenaga kerja.

5. Ikut program magang


Cara yang paling tepat untuk mengetahui apakah Anda cocok untuk bekerja di sektor tertentu adalah dengan mencobanya langsung melalui magang. Memiliki pengalaman magang, bahkan sekali atau dua kali, akan secara otomatis memberi Anda dukungan pada mereka yang belum pernah melakukannya.

Selain menambahkan pengalaman untuk menulis di resume Anda nanti, beberapa peluang magang juga menawarkan kesempatan untuk mengubah pekerja magang menjadi karyawan tetap.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai  cara meyakinkan pihak HRD untuk mendapatkan pekerjaan impianmu. Untuk mendapatkan pekerjaan impian tentunya bukanlah pekerjaan mudah, gunakan cara diatas dan tetap semangat. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Cara Meyakinkan Pihak HRD Untuk Mendapatkan Pekerjaan Impianmu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel