6 Kesalahan Umum Saat Membeli Asuransi Kesehatan - Masamos.com

6 Kesalahan Umum Saat Membeli Asuransi Kesehatan

6 Kesalahan Umum Saat Membeli Asuransi Kesehatan

6 Kesalahan Umum Saat Membeli Asuransi Kesehatan - Pembelian asuransi kesehatan tidak bisa sembarangan. Anda harus berhati-hati ketika membandingkan satu produk asuransi kesehatan dengan yang lain. Terlepas dari ini, seseorang harus berhati-hati ketika membaca isi persyaratan yang biasanya terdapat dalam polis asuransi.

Jika Anda memilih asuransi yang buruk, itu pasti akan merugikan Anda. Jadi, kesalahan apa yang biasanya terjadi ketika membeli asuransi?

Kesalahan umum saat membeli asuransi kesehatan


Di bawah ini akan coba kami jabarkan beberapa kesalahan umum saat membeli asuransi kesehatan yang sering sekali terjadi di masyarakat.

1. Tidak membaca kebijakan dalam polis asuransi dengan saksama


Melihat panjangnya daftar syarat dan ketentuan suatu asuransi kesehatan  sering membuat orang yang membacanya menjadi sangat malas. Meskipun kebijakan mengandung hak dan kewajiban Anda sebagai pelanggan.

Belum lagi informasi penting seperti batas waktu rawat inap, lamanya waktu menunggu jika Anda sudah memiliki penyakit bawaan, biaya pra-dan pasca perawatan, serta berbagai ketentuan lainnya. Jika Anda hanya menyetujuinya tanpa membacanya dengan saksama, Anda mungkin akan menderita kerugian nantinya.

Misalnya, ternyata harga sewa kamar saat rawat inap yang dibayarkan dalam kontrak jauh lebih rendah daripada harga yang Anda pilih. Jika demikian, Anda harus membayar selisih dari sakumu.
Oleh karena itu, bahkan jika Anda merasa malas, Anda harus membacanya sampai selesai dengan hati-hati dan bertanya kepada agen asuransi jika terdapat point tertentu yang tidak dipahami.

2. Mencari premi murah tanpa melihat berapa nilai pertanggungannya


Premi sering menjadi hal utama yang perlu dipertimbangkan ketika membeli asuransi kesehatan. Umumnya, banyak orang tergoda oleh premi rendah terlepas dari jumlah biaya yang dikeluarkan.

Akibatnya, asuransi yang Anda miliki tidak cukup untuk menutup semua biaya perawatan yang diperlukan, Anda tetap harus membayar banyak uang karena preminya terlalu kecil dan tidak bisa menutupi biaya perawatan.

Karena itu, berhati-hatilah sebelum mengambil asuransi kesehatan. Cobalah untuk mengukur kebutuhan perawatan kesehatan Anda dan bandingkan dengan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi lain. Setelah itu, kemudian buat kesepakatan dengan berbagai pertimbangan matang sesuai dengan kondisi.

3. Sembunyikan riwayat medis


Ketika membeli asuransi kesehatan, banyak orang menyembunyikan riwayat medis mereka. Ini biasanya dilakukan dengan sengaja untuk menghindari pembayaran premi yang terlalu tinggi.

Alasan lain juga umumnya disebabkan oleh fakta bahwa mereka takut aplikasi asuransi mereka akan ditolak. Ini terjadi terutama jika Anda atau keluarga Anda memiliki penyakit serius.

Sebenarnya, langkah ini adalah kesalahan serius karena kegagalan untuk mengungkapkan kondisi medis secara jelas dan terperinci sebenarnya dapat meningkatkan risiko penolakan klaim. Selain itu, menyembunyikan fakta tentang sejarah medis Anda sama saja dengan menipu dan menyesatkan perusahaan asuransi.

4. Malas mencari produk pembanding


Terkadang, tergoda oleh tawaran awal yang tampak menarik, orang-orang terburu-buru memutuskan untuk memilih asuransi kesehatan. Ini tidak benar Anda harus mencari perbandingan dengan produk asuransi sejenis lainnya.

Ini karena ada banyak produk asuransi kesehatan lain yang lebih sesuai dengan situasi keuangan Anda, tetapi masih dapat memberikan manfaat maksimal tergantung pada kondisinya.

Coba bandingkan beberapa produk asuransi lainnya dengan melihat biaya ketergantungan, premi, topi yang diusulkan, rawat inap, sistem pembayaran, dll.

5. Tidak mencari tahu prosedur klaim


Penting untuk mengetahui cara mengklaim setiap asuransi, karena masing-masing asuransi kesehatan berbeda dalam proses klainnya. Kemudian cari perusahaan dengan prosedur klaim yang paling sederhana sehingga Anda tidak keberatan nantinya.

6. Tidak minta ilustrasi asuransi dan contoh produk


Asuransi adalah produk keuangan yang cukup rumit. Bahkan, banyak orang tidak benar-benar mengerti ketika agen menjelaskan informasi tetapi memutuskan untuk membelinya.

Jika ini kasusnya, sangat mungkin bahwa informasi tentang produk asuransi kesehatan yang Anda beli salah dimengerti. Ilustrasi adalah salah satu cara terbaik untuk memahami produk asuransi yang ingin Anda beli.

Karena itu, Anda harus meminta penjelasan menggunakan ilustrasi dari agen yang bersangkutan atau orang yang menawarkan asuransi pada Anda.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai 6 kesalahan umum saat membeli asuransi kesehatan. Jangan terburu-buru menjatuhkan pilihan pada satu jenis asuransi kesehatan hanya berdasarkan promosi dari agen asuransi. Cari informasi tentang asuransi kesehatan sejenis untuk mengetahui secara pasti keuntungan dan kerugian asuransi tersebut. Semoga bermanfaat.

0 Response to "6 Kesalahan Umum Saat Membeli Asuransi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel