7 Cara Merawat Gigi Berbehel Yang Bisa Dilakukan di Rumah - Masamos.com

7 Cara Merawat Gigi Berbehel Yang Bisa Dilakukan di Rumah

7 Cara Merawat Gigi Berbehel Yang Bisa Dilakukan di Rumah

7 Cara Merawat Gigi Berbehel Yang Bisa Dilakukan di Rumah - Bagi Anda yang memiliki gigi tumpang tindih, antara satu gigi dengan gigi lainnya memiliki jarak dan posisi gigi yang terlalu jauh ke depan atau terlalu jauh ke belakang, pilihan paling umum adalah menggunakan peralatan ortopedi atau biasa disebut behel.

Meskipun terbukti bahwa behel dapat merapikan gigi yang berantakan dan dapat dibersihkan. Penggunaan behel atau kawat gigi tanpa perawatan mulut intensif akan menyebabkan masalah baru, seperti penumpukan plak dan tartar dan perubahan warna gigi.

Cara merawat gigi berbehel


Untuk menghindari masalah seperti yang telah dijelaskankan diatas, maka Anda dapat mengambil sejumlah langkah untuk merawat gigi yang menggunakan behel, seperti:

1. Gunakan sikat gigi khusus


Cara merawat gigi berbehel pertama dengan sikat gigi khusus. Ortodontis atau dokter gigi umumnya merekomendasikan menggunakan sikat gigi khusus untuk mereka yang memakai behel. Selain ukurannya yang kecil, sikat jenis ini juga menggunakan rambut lebih halus daripada sikat biasa.

Ini dimaksudkan untuk mencapai antara gigi yang terhalang oleh bahel dan untuk mencegah infeksi pada gusi. Untuk menjaga kebersihan mulut, disarankan untuk menyikat gigi dua kali setiap kali makan. Pertama kali, cukup gunakan sikat tanpa menambahkan pasta gigi.

Tujuannya adalah untuk menyingkirkan sisa-sisa makanan yang menempel di antara celah-celah gigi. Setelah itu, cukup tambahkan pasta gigi agar kuman di mulut terbuang.

2. Secara teratur menggunakan obat kumur


Bagi Anda yang memiliki perawatan gigi, penggunaan obat kumur setiap kali Anda menyikat gigi adalah suatu keharusan. Ini karena penggunaan alat ortopedi dapat meningkatkan risiko kuman dan membiakkan bakteri di mulut yang tidak dimaksimalkan oleh sikat gigi karena terhalang behel.

Obat kumur yang berbentuk cair sehingga dapat mencapai semua sela-sela gigi, alkohol yang terkandung dalam obat kumur juga bertindak sebagai antiseptik. Hasilnya: tidak hanya nafas menjadi lebih segar, tetapi Anda juga mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat mengganggu organ-organ mulut.

3. Hindari makan makanan yang lengket dan remah-remah


Selain itu, dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan yang lengket dan rapuh seperti coklat karamel dan biskuit. Memang, kedua jenis makanan akan menempel dengan mudah ke celah antara gigi dan kawat.

Jika dibiarkan kotor, sisa makanan akan memicu pertumbuhan bakteri yang menginfeksi mulut dan meninggalkan bekas pada gigi dan behel.

4. Hindari minuman dingin


Telah terbukti bahwa minuman dingin meningkatkan sensitivitas gigi ke gusi. Selain itu, kebiasaan minum minuman dingin atau mengunyah es justru bisa merusak enamel gigi. Hal ini tentu sangat mengganggu kenyamanan organ mulut, terutama bagi mereka yang memakai behel.

5. Konsumsi parasetamol


Cara merawat gigi yang menggunakan behel bagi mereka yang menggunakannya untuk pertama kali, Anda akan merasakan sensasi sakit dan rasa ngilu. Hal itu karena gigi dan gusi masih dalam fase penyesuaian karena benda asing baru saja dipasang di daerah mulut.

Oleh karena itu, dokter umumnya merekomendasikan mengambil parasetamol karena kandungan analgesiknya dapat mengurangi rasa sakit dan rasa ngilu.

6. Mengonsumsi suplemen kaya vitamin C dan D


Kesehatan gigi dan gusi Anda harus menjadi prioritas, terutama bagi mereka yang menggunakan behel. Karena itu, mengonsumsi suplemen kaya vitamin C dan D harus menjadi rutinitas sehari-hari. Memang, telah terbukti bahwa kedua vitamin mampu menjaga gigi dan gusi sehat dan kuat.

7. Kunjungi ortodontis secara teratur


Yang paling terakhir adalah rutin merawat gigi dengan orthodontis. Untuk menghindari komplikasi menggunakan alat gigi, Anda harus rajin mengunjungi dokter gigi. Ini dimaksudkan untuk secara teratur memantau efek positif dan negatif dari behel yang dipasang.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai 7 cara merawat gigi berbehel yang bisa dilakukan di rumah. Menggunakan behel memerlukan tindakan dan perlakuan yang khusus dan kadang-kadang sulit dan tidak nyaman. Tetapi itu akan sebanding dengan gigi yang rapi dan indah yang Anda akan dapatkan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Cara Merawat Gigi Berbehel Yang Bisa Dilakukan di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel