Bahaya mengkonsumsi Makanan Kadaluarsa - Masamos.com

Bahaya mengkonsumsi Makanan Kadaluarsa

Bahaya mengkonsumsi Makanan Kadaluarsa

Bahaya mengkonsumsi Makanan Kadaluarsa - Sebelum membeli makanan atau minuman, perhatikan tanggal kedaluwarsa yang biasanya tertera pada bungkusnya. Setiap paket makanan akan memiliki dua jenis tanggal, yaitu before date dan expired date?

Before date dan expired date adalah tanggal konsumsi bahan makanan sebelum masa berlaku mereka berakhir. Bahkan jika telah melampaui tanggal yang ditunjukkan, produk tetap aman untuk dikonsumsi karena hanya menurunkan kualitas dan nutrisi.

Berbeda dengan tanggal kadaluwarsa (expired date), yang menandakan bahwa suatu makanan atau minuman tidak layak untuk dikonsumsi karena produk telah mengalami perubahan bentuk dan rasa sering disertai dengan pertumbuhan jamur, lendir dan bakteri.

Bahaya mengkonsumsi Makanan Kadaluarsa


1. Sakit perut


Produk makanan yang telah melampaui batas kedaluwarsa akan mengandung banyak jamur dan bakteri. Ini karena enzim yang dikandungnya telah rusak.

Jika dikonsumsi, bakteri dan jamur akan menyebabkan sejumlah gangguan seperti sakit perut dan kram, sendawa berlebihan, dan sensasi rasa sakit di daerah perut.

2. Mual dan muntah


Mual dan muntah adalah gejala yang umum dari keracunan makanan kadaluwarsa. Sesungguhnya, tubuh akan bereaksi untuk menghilangkan racun yang masuk ke sistem pencernaan.

Carilah perawatan segera di rumah sakit terdekat jika Anda atau orang yang Anda cintai memiliki gejala di atas, karena mual dan muntah yang berkepanjangan dapat menyebabkan dehidrasi dan melemahkan tubuh.

3. Diare


Seperti dijelaskan sebelumnya, makanan atau minuman dengan tanggal kadaluwarsa akan menjadi sarang pembiakan bakteri. Jika masuk ke saluran pencernaan, tubuh akan melakukan tindakan penolakan, salah satunya adalah mengeluarkan makanan dalam bentuk tinja.

Dalam kasus keracunan yang parah, seseorang akan terkena diare yang terjadi terus menerus. Oleh karena itu, segera hubungi dokter jika diare tidak hilang dalam 12 jam karena dapat menyebabkan tubuh berisiko atau bahkan menyebabkan kematian.

4. Sembelit


Perubahan bentuk, warna dan rasa pada makanan / minuman yang kadaluarsa dapat menyebabkan sembelit. Bahkan, nutrisi dan serat yang terkandung dalam makanan menurun telah menurun, yang mengganggu sistem pencernaan.

5. Gangguan janin


Bagi Anda, ibu hamil, selalu pastikan memilih makanan atau minuman selalu memastikan tanggal kadaluwarsa. Karena kontaminasi bakteri pada makanan kadaluarsa dapat menyebabkan pertumbuhan janin yang tidak normal.

6. Cedera pada perut


Tahukah Anda bahwa pengawet yang ditemukan dalam makanan alami lebih aktif mengikis lambung dan menyebabkan iritasi? Carilah perawatan segera di rumah sakit atau dokter terdekat jika gejala iritasi lambung terjadi, seperti mual, tinja hitam, dan muntah darah.

Karena itu, selalu perhatikan saat memilih dan memilah-milah makanan dan minuman agar tidak membahayakan kesehatan tubuh dan keluarga Anda.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai bahaya mengkonsumsi makanan kadaluarsa. Selalu perhatikan tanggal kedaluwarsa setiap produk yang Anda beli. Karena pencegahan lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Bahaya mengkonsumsi Makanan Kadaluarsa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel