Bahaya Sering Menahan Buang Air Kecil Untuk Kesehatan Tubuh - Masamos.com

Bahaya Sering Menahan Buang Air Kecil Untuk Kesehatan Tubuh

Bahaya Sering Menahan Buang Air Kecil Untuk Kesehatan Tubuh

Bahaya Sering Menahan Buang Air Kecil Untuk Kesehatan Tubuh - Menunda atau menahan buang air kecil sering dianggap hal yang sepele. Anda mungkin suka menahan buang air kecil karena berbagai alasan, seperti pada saat sibuk bekerja atau pada saat kendaraan Anda sedang terjebak macet yang panjang, sehingga sulit untuk menemukan toilet.

Tidak mengindahkan sinyal yang diberikan tubuh untuk membuang limbah ini sebenarnya sangat berbahaya bagi tubuh.

Bahaya sering menahan buang air kecil 


Sudung O. Pardede, SpA (K) menjelaskan bahwa sinyal-sinyal buang air kecil dikirim ke otak oleh otot-otot yang berkontraksi pada kandung kemih. Hal ini terjadi karena jumlah urin yang disimpan sudah penuh dan harus segera dikeluarkan dari tubuh.

Selain itu, Dr. Sudung menjelaskan bahwa menahan 1 atau 2 kali buang air kecil tidak berbahaya. Namun, jika terlalu sering, kandung kemih yang terlalu penuh akan membuat urin naik ke ginjal.

Ini tentu sangat berbahaya bagi tubuh karena, seperti limbah lain, urin mengandung banyak bakteri. Bakteri yang masuk ke ginjal dapat menyebabkan infeksi atau bahkan gagal ginjal.

Selain merusak ginjal, menahan air kencing juga berbahaya bagi kesehatan organ lain. Biasanya, kandung kemih dapat menampung sekitar 15 ons cairan (sekitar setengah gelas). Namun, kapasitas ini akan meningkat jika Anda terbiasa menunda buang air kecil.

Akibatnya, kandung kemih bisa menjadi sarang bakteri yang bisa menyebar ke organ lain. Hal ini sejalan dengan pernyataan Dr. Bali Chamandeep, seorang dokter naturopati di Toronto Naturopathic Health Clinic, bahwa semakin lama seseorang menahan kencing, semakin besar kemungkinan kandung kemih memproduksi bakteri yang menyebabkan infeksi.

Salah satu kasus kematian yang paling mengejutkan karena infeksi kandung kemih terjadi pada abad ke-16. Menurut ceritanya seorang astronom dan ahli kimia bernama Enter Tycho Brahe memilih untuk menahan buang air kecilnya selama jamuan makan karena alasan kesopanan. Akibatnya, ia ditemukan mati dengan kandung kemih yang robek karena jumlah urin di dalam tubuh melebihi kapasitas normal kandung kemih.

Oleh karena itu, pikirkan kembali risiko pada tubuh jika Anda ingin menahan buang air kecil. Selalu luangkan waktu untuk pergi ke kamar mandi, tidak peduli pekerjaan sepenting apapun yang Anda sedang lakukan.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai bahaya sering menahan buang air kecil untuk kesehatan tubuh. Jika Anda tidak ingin diganggu oleh karena sering buang air kecil maka Anda bisa mengurangi konsumsi kopi, teh atau minuman diuretik lainnya yang dapat memicu sering buang air kecil. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Bahaya Sering Menahan Buang Air Kecil Untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel