Bahaya Sering Mengkonsumsi Minuman Bersoda - Masamos.com

Bahaya Sering Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Bahaya Sering Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Bahaya Sering Mengkonsumsi Minuman Bersoda - Siapa yang suka minum minuman ringan? Anda mungkin berada di antara mereka yang berpikir bahwa pasangan yang paling tepat pada saat makan makanan cepat saji adalah dengan minuman bersoda.

Sebenarnya pendapat seperti itu tidak salah karena makanan cepat saji akan lebih nikmat apabila di santap sambil minum minuman bersoda tetapi jika kebiasaan ini sering dilakukan, kesehatan tubuh Anda mungkin sedang dipertaruhkan.

Alasannya adalah karena dalam segelas minuman ringan, ada banyak senyawa seperti air berkarbonisasi, pemanis, rasa, pewarna, pengawet dan kafein yang jika semua bahan tersebut terakumulasi dalam tubuh dalam jumlah besar, dapat memicu munculnya beberapa masalah kesehatan.

Bahaya sering mengkonsumsi minuman bersoda


Dibawah akan kami coba memberikan penjelasan tentang bahaya bila Anda sering mengkonsumsi minum yang mengandung soda:

1. Menyebabkan obesitas


Seperti yang Anda ketahui, konsumsi minuman ringan yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas. Memang, kandungan gulanya empat kali lebih tinggi daripada minuman manis lainnya. Akibatnya, kalori yang terakumulasi dalam tubuh akan diubah menjadi lemak dan akhirnya mengarah pada penambahan berat badan.

Kasus referensi yang paling umum adalah peningkatan risiko diabetes pada anak-anak Amerika. Alasannya tidak lain adalah kurangnya pengawasan terhadap konsumsi minuman ringan oleh orang tua. Tentu saja, Anda tidak ingin hal ini terjadi pada bayi Anda, bukan?

2. Tulang rapuh


Minuman ringan mengandung asam fosfat yang dapat merusak jaringan tulang. Jika dibiarkan, ini akan memicu masalah tulang lainnya, seperti osteoporosis, gigi berlubang, tulang rapuh, dan pertumbuhan tulang yang tidak sempurna.

Asam fosfat dalam minuman ringan ternyata menghambat penyerapan kalsium oleh tubuh. Kalsium sendiri adalah senyawa yang Anda butuhkan untuk tulang dan gigi yang sehat untuk tumbuh. Jadi, semakin banyak soda yang Anda minum, semakin rentan tulang dan gigi Anda.

3. Merusak ginjal


Banyak yang tertarik mengonsumsi minuman ringan karena warnanya yang bervariasi dan menarik perhatian. Peringatan! Zat pewarna pada minuman jenis ini dapat merusak fungsi ginjal.
Anda akan berisiko mengalami beberapa penyakit serius, seperti gagal ginjal dan sepsis (masuknya kuman ke dalam pembuluh darah).

4. Kerusakan pada gigi


Seperti dijelaskan sebelumnya, kandungan asam fosfat dalam minuman bersoda dapat menghambat penyerapan kalsium oleh tubuh, termasuk organ-organ gigi.

Selain mengganggu pertumbuhan, kandungan glukosa, sukrosa dan fruktosa dari minuman non-alkohol juga membuat gigi lebih rentan terhadap gigi berlubang (tartar).

5. Ketagihan kafein


Seperti kopi, kandungan kafein yang tinggi dalam minuman ringan bisa membuat ketagihan. Konsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan beberapa gangguan, seperti insomnia, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, peningkatan kolesterol dalam darah, pembengkakan payudara dan kanker.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai bahaya sering mengkonsumsi minuman bersoda.Tidak ada yang salah dengan kebiasaan minum soda. Selama dibatasi pada porsi kecil saja tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Anda masih bisa merasakan kesegaran tanpa harus mengorbankan kesehatan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Bahaya Sering Mengkonsumsi Minuman Bersoda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel