Cara Membiasakan Anak Bangun Dan Tidur Tepat Waktu - Masamos.com

Cara Membiasakan Anak Bangun Dan Tidur Tepat Waktu

Cara Membiasakan Anak Bangun Dan Tidur Tepat Waktu

Cara Membiasakan Anak Bangun Dan Tidur Tepat Waktu - Tidak mudah untuk membuat anak-anak tidur pada waktu yang tetap setiap hari. Alasannya tidak lebih karena anak-anak cenderung memiliki energi berlebih sampai mereka dapat bergerak tanpa lelah sampai larut malam.

Namun, sebagai orang tua, Anda harus mulai memastikan bahwa anak-anak tidur kurang dari 09.00 jam malam. Mengapa Prof. Amanda Sacker, seorang peneliti di University College London, mengatakan bahwa berdasarkan penelitiannya terhadap 11.000 anak usia tujuh tahun, subjek yang terbiasa tidur lebih dari 21 jam cenderung memiliki nilai matematika dan bahasa yang buruk.

Alasan utamanya adalah kurangnya jam tidur yang ternyata mengganggu jam biologis tubuh dan mencegah penyerapan informasi baru di otak.

Lalu, langkah apa yang bisa diambil untuk memastikan bahwa kebiasaan tidur anak itu teratur?

Cara Membiasakan Anak Bangun Dan Tidur Tepat Waktu


Dibawah ini akan kami coba untuk memberikan cara agar anak Anda bisa tidur dibawah jam 09.00 malam setiap hari, yaitu:

1. Ciptakan suasana yang tenang dan nyaman di rumah sebelum tidur. 


Coba matikan berbagai jenis elektronik, seperti TV, smartphone, dan komputer, sehingga mereka tidak memiliki aktivitas lain selain berbaring di tempat tidur.

2. Pastikan waktu makan malam tidak terlambat


Menurut Dr. Richard Ferber, pendiri Pusat Gangguan Tidur Anak di Boston Children's Hospital, menjelaskan bahwa salah satu penyebab gangguan tidur pada anak adalah kebiasaan orang tua untuk terbiasa makan malam terlambat.

Akibatnya, anak Anda akan kesulitan tertidur, karena perut yang terlalu penuh membuatnya sulit untuk berbaring.

3. Biasakan membangunkan anak-anak dengan lembut pada saat yang sama


Kebiasaan berteriak pada anak-anak untuk bangun akan membuatnya benar-benar terkejut dan kesal. Inilah mengapa si kecil malas bangun sendiri, dia lebih suka menunggu teriakan orang tua.

4. Buat sistem hukuman (punishment) dan hadiah (reward)


Hai ini akan membuat aktivitas bangun pagi terasa menyenangkan. Berikan hukuman dengan menyuruhnya mengerjakan pekerjaan rumahnya, seperti mencuci piring, ketika dia tidak bisa bangun pagi. Sebaliknya, jika dia mengikuti jadwal tidurnya, undang dia untuk melakukan kegiatan favoritnya.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai cara membiasakan anak bangun dan tidur tepat waktu. Untuk mengubah kebiasaan anak kearah yang positif maka Anda sebagai orang tua harus berperan didalamnya. Seoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Membiasakan Anak Bangun Dan Tidur Tepat Waktu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel