Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar Terbaru - Masamos.com

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar Terbaru

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar Terbaru

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar Terbaru - Anda harus banyak bersyukur jika memiliki pekerjaan, terutama karena banyak orang yang masih berjuang mencari pekerjaan. Tetapi bagaimanapun juga, mungkin ada hal-hal yang terjadi di tempat kerja atau perusahaan yang membuat Anda kurang nyaman dengan pekerjaan yang Anda lakukan sekarang.

Bos Anda tidak memiliki rasa hormat, lingkungan kerja yang negatif, tempat kerja yang terlalu jauh, pekerjaan Anda tidak sesuai dengan hasrat Anda, dll.

Karena hal-hal ini, Anda mulai berpikir tentang berhenti dan mencari pekerjaan baru di tempat lain. Mengundurkan diri dan memulai hidup baru tidak semudah menghilang dari tempat kerja saat ini.

Ada sejumlah hal yang harus Anda waspadai dan juga lakukan, mengenai etika pengunduran diri dan surat pengunduran diri yang harus Anda buat.
Kali ini, mari kita bahas mengenai langkah-langkah untuk membuat surat pengunduran diri

Jenis pengunduran diri


1. Pemberitahuan satu bulan


Seperti namanya, pemberitahuan harus diajukan satu bulan sebelum Anda meninggalkan tempat kerja Anda. Menberitahukan satu bulan di muka berarti Anda member kesempatan perusahaan Anda untuk mencari orang lain untuk menggantikan posisi Anda.

Jika mereka mendapatkan penggantian yang sesuai dalam waktu kurang dari sebulan, Anda juga dapat membantu karyawan baru tersebut memahami tugas dan tanggung jawab yang akan di kerjakannya setelah Anda pergi. Pemberitahuan satu bulan sebelum berhenti adalah pengunduran diri yang relatif umum di tempat-tempat kerja.

2. Pemberitahuan dua minggu


Selain pemberitahuan satu bulan, ada juga pemberitahuan dua minggu, pemberitahuan pengunduran diri dua minggu sebelumnya.

Dibandingkan dengan pemberitahuan bulan sebelumnya, pemberitahuan dua minggu ini lebih "mendadak" dan dapat ditolak oleh perusahaan.

Kecuali bahwa alasan Anda keluar sangat penting dan cukup logis bagi perusahaan. Misalnya, untuk penyakit, masalah keluarga, tempat kerja baru Anda membutuhkan Anda sesegera mungkin, dll.
Jika alasan Anda tidak termasuk dalam surat pengunduran diri, maka Anda harus menjelaskannya ketika mengirimkannya atau jika supervisor Anda meminta Anda untuk melakukannya.

Jadi sedapat mungkin ketika Anda meninggalkan tempat kerja lama, usahakan hubungan baik dengan perusahaan lama selalu terjaga dengan baik.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan


1. Bicaralah dengan atasan Anda


Sebelum memutuskan untuk menyerahkan surat pengunduran diri, ada baiknya untuk mendiskusikan keinginan ini dengan pemimpin Anda.

Karena atasan Anda bekerja dengan Anda, ia akan lebih memahami situasi dan hasil kerja Anda sejauh ini. Anda dapat memulai percakapan informal dengannya, menberitahukan mengapa Anda ingin mengundurkan diri.

Jika alasan Anda terkait dengan budaya atau lingkungan kerja, atasan Anda mungkin dapat memberikan solusi yang memuaskan dan tepat. Yang pasti, beri tahu atasan Anda tentang keinginan Anda sehingga ia dapat mempersiapkan apa yang akan terjadi.

2. Perjelas alasan dan sasaran Anda


Tidak mungkin Anda pergi begitu saja tanpa alasan? Oleh karena itu, sebelum menulis surat pengunduran diri, klarifikasi alasan dan tujuan pengunduran diri Anda. Apakah karena tempat kerja tidak cocok atau karena Anda memiliki peluang yang lebih baik?

Apa pun itu, pastikan Anda tahu alasannya. Jangan lupa untuk menentukan tujuan Anda, apa yang akan Anda lakukan setelah meninggalkan tempat kerja Anda. Bantu orang tua, bekerja di tempat lain atau memulai bisnis mereka sendiri? Apa pun itu, pastikan Anda mengetahuinya sendiri!

3. Periksa kontraknya


Anda juga harus memperhatikan hal ini sebelum mengundurkan diri. Cobalah untuk mengingat dan periksa kontrak yang Anda tanda tangani dan terima di awal periode kerja Anda.
Apakah ada penundaan tertentu sebelum saya dapat mengundurkan diri dari tempat kerja? Kontrak tiga bulan, satu tahun, atau bahkan dua hingga tiga tahun?

Jika ini kasusnya, cobalah untuk memeriksa ketentuan, apa konsekuensinya jika Anda melanggar perjanjian. Biasanya, konsekuensinya adalah dalam bentuk pembayaran dari nilai tertentu yang diajukan oleh perusahaan atau gaji selama sisa masa kontrak.

Jadi berhati-hatilah tentang bagaimana ketentuan kontrak yang Anda miliki dengan perusahaan, terkait dengan periode Anda, harus ada di perusahaan.

4. Ikuti waktu pengunduran diri


Kebijakan dari masing-masing perusahaan yang berkaitan dengan pengunduran diri tentu akan bervariasi, terutama berkaitan dengan waktu pengunduran diri.

Seperti yang kita bahas di awal, istilah yang umum digunakan adalah pemberitahuan satu bulan dan dua minggu. Pastikan Anda mengetahui kebijakan waktu yang digunakan oleh perusahaan Anda.

Yang pasti, jangan tiba-tiba dan berikan informasi sebanyak mungkin sebelum keberangkatan resmi Anda. Ini pasti akan terkait dengan penggantian Anda, dan kepada siapa tugas Anda akan ditransfer nanti.

5. Menulis sebuah surat


Perusahaan yang memiliki struktur dan sistem kerja yang baik tentu memiliki prosedur untuk semuanya, termasuk pengunduran diri. Anda tentu tidak bisa hanya mengirim pesan singkat, berbicara secara lisan dan meninggalkan tempat kerja Anda.

Secara umum, harus ada surat pengunduran diri yang telah Anda buat dan ajukan. Ini bisa menjadi atasan Anda, atau HRD, tergantung pada kebijakan perusahaan Anda. Jadi Anda diterima untuk bekerja dengan baik dan Anda mengundurkan diri dengan baik juga.

6. Bersiaplah untuk mendapatkan penawaran baru


Ketika Anda menyampaikan keinginan Anda untuk mengundurkan diri, reaksi atasan Anda mungkin
bertanya mengapa, sambil menahan Anda.

Jika Anda sebenarnya menikmati tempat kerja Anda sekarang, bisa saja Anda dapatkan penawaran keuangan dan rencana karier yang lebih baik, apalagi jika perusahaan sangat membutuhkan Anda dan melihat bahwa potensi Anda sangat besar.

Bersiaplah untuk menerima penawaran baru dari perusahaan tempat Anda bekerja. Mereka dapat menawarkan kenaikan gaji, bonus, fasilitas atau bahkan promosi.

Karena itu, Anda harus berpikir dengan hati-hati sebelum mengambil keputusan. Jika ternyata hati dan pikiran Anda bukan bagian dari perusahaan, mengundurkan diri mungkin merupakan pilihan terbaik, apa pun yang ditawarkan perusahaan Anda.

7. Mengembalikan aset


Selama bekerja, aset atau fasilitas apa yang Anda terima dari perusahaan? Ponsel, kamera, perekam, kendaraan, atau apa pun yang diberikan ke kantor Anda ketika Anda secara resmi dipekerjakan.

Bagaimanapun, cobalah untuk mengingat semuanya dan kirimkan kembali kepada atasan Anda atau beberapa bagian yang bertanggung jawab untuk membeli barang di kantor. Karena Anda tidak lagi bekerja di sana, maka otomatis barang tersebut bukan menjadi hak Anda.

8. Delegasikan pekerjaan


Ini sama pentingnya untuk dicatat. Karena posisi yang Anda tinggalkan akan diisi oleh orang lain, penting bagi Anda untuk mendelegasikan pekerjaan, tugas, dan tanggung jawab yang Anda miliki sejauh ini.

Jangan biarkan perusahaan Anda menjadi "lumpuh" ketika pekerjaan Anda kosong. Bagikan semua pengetahuan tentang pekerjaan Anda dan lihat siapa yang dapat didelegasikan. Apakah itu sementara untuk divisi atau orang tertentu, atau adakah seseorang yang benar-benar akan menggantikan posisi Anda?

Jika posisi sudah ada, Anda juga dapat membantu mereka "menjadi akrab" dengan pekerjaan, sambil beradaptasi dengan budaya kerja di tempat kerja Anda.

9. Mintalah referensi


Jika proposal pengunduran diri Anda telah disetujui, Anda dapat menanyakan apakah atasan Anda siap memberi Anda referensi.

Tujuannya adalah agar pihak-pihak di perusahaan baru Anda yang potensial yang membutuhkan rujukan dan wawasan dari Anda dapat menerima informasi dari atasan Anda.
Jika mereka mau, Anda dapat menempatkan nama dan kontak mereka di situs untuk mencari pekerjaan

10. Dana Tabungan


Yang perlu Anda ingat, ketika Anda meninggalkan perusahaan, penghasilan Anda akan berhenti
secara otomatis pula.

Bahkan jika Anda segera mendapatkan pekerjaan di lokasi baru, itu berarti akan membutuhkan waktu satu bulan bagi Anda untuk menerima gaji di perusahaan baru.

Jadi pastikan untuk mengelola keuangan Anda dengan baik hingga hari gajian. Selain itu, jika Anda tidak menemukan pekerjaan segera setelah pengunduran diri Anda, itu berarti bahwa dana tabungan Anda harus cukup untuk kebutuhan sehari-hari Anda.

Jika Anda ingin membuka bisnis, pastikan Anda telah menyimpan cukup uang dalam pekerjaan Anda, sampai Anda dapat menjadi modal untuk bisnis Anda.

11. Tulis surat pengunduran diri


Ketika keinginan Anda mengundurkan diri sudah bulat maka Anda harus menyatakan keinginan ini melalui surat pengunduran diri. Tidak baik pergi tiba-tiba tanpa "mengucapkan selamat tinggal" dengan atasan Anda di tempat kerja.

Sesuai dengan periode yang ditentukan oleh perusahaan Anda pada saat pengunduran diri Anda, Anda dapat mengirim surat pengunduran diri Anda. Fungsi lain dari surat pengunduran diri adalah juga untuk menjaga hubungan baik Anda dengan atasan dan rekan perusahaan Anda yang akan Anda tinggalkan.

Mempertahankan hubungan baik itu penting, Anda tahu, di masa depan, Anda akan kembali untuk "menghubungi" mereka.

Cara membuat Surat Pengunduran Diri


Surat pengunduran diri itu tidak sembarang dibuat tanpa syarat tertentu. Sebaiknya surat pengunduran diri tidak terlalu panjang dan tidak terlalu rumit. Buatlah surat itu singkat dan sederhana, tetapi ekspresikan keinginan Anda untuk mengundurkan diri dari posisi Anda saat ini.

Lebih baik menulis surat pengunduran diri dengan kata-kata yang sopan, tidak perlu menulis keburukan perusahaan selama Anda bekerja disana karena Anda akan mengundurkan diri, dan meninggalkan apa yang telah terjadi di masa lalu.

Surat pengunduran diri Anda juga harus memuat informasi tentang kapan Anda akan meninggalkan perusahaan, sehingga mereka dapat mempersiapkan dengan benar apa yang mereka butuhkan. Anda juga dapat menambahkan deskripsi pekerjaan Anda di dalam perusahaan dan terima kasih atas pengalaman Anda.

Struktur surat pengunduran diri


Header


Mulailah dengan informasi kontak Anda dan pemimpin perusahaan yang akan menerima surat Anda, serta tanggal Anda menulis surat itu.

Salam pembuka


Tulis ke subjek surat (Yth. Mr X / Mrs Y)

Paragraf


Nyatakan maksud pengunduran diri Anda dan tanggal pengunduran diri Anda.

Jika memungkinkan, beri tahu mereka mengapa Anda meninggalkan pekerjaan itu.

Informasikan kepada atasan Anda bahwa Anda siap membantu tugas "transisi" kepada orang-orang baru, kecuali Anda benar-benar tidak dapat melakukannya.

Terima kasih telah memberi saya kesempatan untuk bekerja, termasuk hal-hal baik yang Anda rasakan di perusahaan.

Permintaan jika Anda membutuhkan referensi

Penutup dan Tanda Tangan


Hindari yang berikut ini


  • Hal pertama yang harus dihindari adalah tidak mengirim surat pengunduran diri jika Anda masih tidak yakin dengan keputusan Anda. Termasuk, jika tujuan Anda hanyalah gaji yang lebih baik daripada sekarang. Jika demikian, Anda dapat memulai dengan mendiskusikannya dengan atasan Anda, jika ada jalan keluar dari pengunduran diri.
  • Jangan menghina siapa pun dalam surat pengunduran diri yang Anda ajukan. Tentu saja, Anda tidak ingin menambahkan "musuh" setelah meninggalkan perusahaan, bukan? Maka jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas semua hal baik yang Anda dapatkan dari tempat kerja.Apakah itu perawatan yang baik untuk semua orang atau setiap pembelajaran yang ada. Jangan menyombongkan pekerjaan di tempat baru. 
  • Jangan lupa untuk memeriksa dan membaca kembali surat pengunduran diri yang telah Anda buat. Agar, surat itu seefektif mungkin dan tidak membahayakan siapa pun.

Contoh penulisan surat pengunduran diri


Jika Anda masih bingung, mari kita lihat contoh surat pengunduran diri sebagai berikut:

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar terbaru - contoh surat pengunduran diri



Penutup

Demikian tadi pembahasan mengenai cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar terbaru. Dengan cara ini, Anda meninggalkan perusahaan dengan tenang dan siap memulai hidup baru. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel