Cara Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Pekerja Lepas - Masamos.com

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Pekerja Lepas

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Pekerja Lepas

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Pekerja Lepas - Menjadi pekerja lepas (freelancer) dapat menjadi pilihan bagi sebagian orang. Terutama karena waktu kerjanya yang lebih fleksibel, dapat bekerja di beberapa perusahaan atau karena mereka memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan lebih banyak.

Sayangnya, sebagai pekerja harian lepas secara otomatis Anda tidak akan terikat dengan perusahaan, maka perusahaan tempat Anda bekerja tidak akan menyediakan fasilitas asuransi kesehatan.

Karena pentingnya asuransi kesehatan untuk Anda, maka tentunya Anda harus memilikinya. Semua pekerjaan termasuk pekerja lepas harus dilindungi oleh asuransi kesehatan. Anda juga harus memikirkan agar asuransi kesehatan Anda sesuai dengan keuangan Anda sehingga tidak menjadi beban dikemudian hari.

Lalu, bagaimana cara memilih dan membeli asuransi kesehatan bagi pekerja lepas?, tentunya ini merupakan pertanyaan yang banyak muncul dibenak Anda yang memilih sebagai pekerja lepas.

Cara memilih asuransi kesehatan untuk pekerja lepas

Dibawah ini akan kami coba membantu untuk memberikan panduan dan cara yang benar untuk memilih dan menentukan asuransi kesehatan untuk pekerja lepas.

1. Pahami tujuan Anda untuk membuat asuransi kesehatan sendiri terlebih dahulu


Bekerja, terutama lembur dapat membuat tubuh Anda lelah dan mudah sakit. Kondisi ini juga berlaku untuk pekerja lepas, meskipun tidak wajib memasuki kantor dan tidak diatur oleh waktu kerja. Dengan demikian, risiko penyakit apa pun bisa terjadi kapan saja.

Miliki asuransi kesehatan, termasuk dalam perencanaan keuangan Anda dan kesehatan Anda. Asuransi kesehatan dapat membantu mengurangi biaya perawatan medis jika Anda jatuh sakit. Anda juga lebih mudah mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Pekerja lepas umumnya tidak menerima asuransi kesehatan dari perusahaan. Itu sebabnya, jika Anda sudah memahami bahwa asuransi kesehatan itu penting, Anda harus berusaha sendiri untuk mendaftar sebagai anggota perusahaan asuransi kesehatan.

2. Pertimbangkan beberapa hal sebelum membuat asuransi kesehatan


Memilih asuransi kesehatan, mungkin tidak boleh terburu-buru. Anda harus memastikan dengan benar layanan apa yang Anda terima, semua kewajiban yang harus dipenuhi dan tentu saja apakah itu memfasilitasi akses ke kesehatan Anda jika dibutuhkan.

Ada sejumlah hal yang harus Anda waspadai sebelum menempatkan hati Anda pada asuransi kesehatan, seperti:

  • Pelajari pengetahuan umum tentang asuransi. Setelah Anda mengetahui tujuan asuransi, Anda harus mengetahui pengetahuan dasar tentang asuransi. Anda dapat mengetahui tentang premi, plafon, fasilitas kesehatan, dll. Untuk membantu Anda memilih asuransi yang tepat.
  • Lihat jenis tanggungan dan buat perbandingan.Setiap perusahaan asuransi menjamin layanan kesehatan yang berbeda. Ada yang menjamin biaya medis, mulai dari biaya mengobati penyakit ringan hingga operasi untuk penyakit serius. Bahkan, ada juga biaya pengobatan alternatif. Tetapi ada juga yang penawarannya terbatas, misalnya dengan menawarkan jaminan rawat inap, tetapi tidak dengan pengobatan dan kunjungan ke dokter. Namun, Anda harus menyadari bahwa jaminan layanan yang lebih komprehensif umumnya akan dikenakan premi tambahan, sehingga kontribusi yang harus Anda keluarkan akan lebih besar. Setelah mengetahui jenis tanggungan beberapa perusahaan asuransi, buatlah perbandingan.
  • Pilih asuransi kesehatan sesuai dengan kebutuhan dan keuangan Anda. Memilihan dan menjatuhkan pilihan pada salah satu jenis asuransi kesehatan banyak membutuhkan perhatian. Selain jenis tanggungan dan kredibilitas perusahaan asuransi juga harus diperhatikan, Anda juga harus mengukur kemampuan Anda membayar premi. Biaya untuk kontribusi untuk membayar pasti akan mempengaruhi keuangan Anda. Jadi, pilih jumlah premi yang Anda mampu nantinya. Khususnya bagi Anda yang bekerja sebagai pekerja lepas upah dan pekerjaan tentunya juga tidak tetap.


3. Cara mendaftar menjadi anggota asuransi kesehatan


Cara membuat asuransi kesehatan swasta dan publik, seperti JKN KIS di bawah naungan BPJS, sebenarnya sama. Anda harus melengkapi data dengan melampirkan beberapa file data pribadi.
Anda dapat pergi ke kantor asuransi terdekat atau mendaftar secara online. Anda dapat memilih akses mana yang paling mudah bagi Anda. Jika Anda terdaftar untuk asuransi, jangan lupa untuk mengikuti semua aturan dan memahami kebijakan asuransi kesehatan yang Anda pilih.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai cara memilih asuransi kesehatan untuk pekerja lepas. Asuransi kesehatan memang sangat penting, oleh karena itu pilih dengan baik asuransi kesehatan yang sesuai dengan Anda, tentunya dengan menyesuaikan dengan keadaan keuangan yang Anda miliki. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Pekerja Lepas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel