Cara Mencuci Muka Yang Benar Agar Wajah Tidak Rusak - Masamos.com

Cara Mencuci Muka Yang Benar Agar Wajah Tidak Rusak

Cara Mencuci Muka Yang Benar Agar Wajah Tidak Rusak

Cara Mencuci Muka Yang Benar Agar Wajah Tidak Rusak - Mencuci wajah Anda seperti yang Anda lakukan sejauh ini belum tentu merupakan hal yang benar untuk dilakukan. Ada banyak kebiasaan yang tidak Anda sadari dengan mencuci wajah yang justru merusak kulit.

Kesalahan yang Anda tidak sadari saat Anda mencuci muka


Di bawah ini adalah kesalahan umum yang biasa tanpa disadari Anda lakukan saat mencuci muka setiap hari.

1. Tidak mencuci tangan sebelum cuci muka


Banyak dari Anda tidak mencuci tangan Anda sebelumnya, banyak orang yang hanya membasahi tangan dan langsung menyebarkan sabun di wajah mereka. Tangan yang kotor akan segera bersentuhan dengan kulit wajah, di mana kotoran dan bakteri dapat berpindah ke wajah.

2. Tidak membersihkan riasan wajah sebelum mencuci muka


Sebelum mencuci muka, penting untuk memulai dengan menghapus makeup di wajah Anda. Gunakan cairan pembersih yang bebas alkohol atau pembersih kulit yang sesuai untuk jenis kulit Anda sebelum mencuci wajah dengan sabun seperti biasa.

3. Menggunakan sabun muka terlalu banyak


Jangan menggunakan sabun wajah terlalu banyak karena bahan kimia yang dikandungnya akan mengiritasi kulit Anda. Anda hanya perlu menggunakan sedikit di ujung jari Anda. Jika Anda menggunakan lebih dari itu, itu akan meningkatkan risiko iritasi kulit.

4. Salah memilih sabun wajah


Bagi sebagian orang, sabun pembersih yang mereka gunakan terkadang mengandung surfaktan, zat yang menghasilkan busa pada sabun. Zat ini bisa terlalu keras untuk kulit, menyebabkan iritasi dan bahkan jerawat. Hindari beberapa pembersih wajah yang mengandung deterjen keras seperti sodium laureth sulfate (SLES), sodium lauryl sulfate (SLS), mentol atau alkohol.

5. Menggosok wajah terlalu keras


Terlalu keras menggosok kulit wajah saat mencuci muka tidak dijamin membuat kulit lebih bersih. Lakukan dengan lembut! Banyak orang yang menggosok wajah mereka terlalu keras, bahkan mungkin Anda mengerti. Ini dapat menyebabkan iritasi, merusak pembuluh rambut dan menyebabkan peradangan pada kulit.

6. Menggunakan handuk kasar


Setelah mencuci muka, jangan mengeringkan wajah dengan handuk kasar. Yang terbaik adalah mengeringkan dengan kain lembut dan tepuk perlahan sampai kering, tanpa menggosok atau menggosok.

Cara mencuci muka dengan benar


Sebelum mencuci muka, pastikan tangan Anda bersih dan wajah Anda sudah bersih dari riasan wajah yang Anda gunakan. Cara memcuci muka dengan benar  akan memberikan hasil yang maksimal seperti langkah-langkah dibawah ini:

1. Gunakan air hangat


Hindari menggunakan air panas untuk mencuci muka. Karena air panas akan membuat kulit Anda kering dan rentan iritasi.  Anda bisa menggunakan air hangat atau suam-suam kuku untuk membersihkan wajah agar hasilnya lebih maksimal.

2. Gunakan pembersih wajah berbentuk  gel atau krim


Sabun yang terlalu keras bisa menyebabkan kulit kering dan tidak bisa menghilangkan semua kotoran di wajah. Sabun yang terlalu keras pada kulit akan mengangkat lapisan minyak alami kulit dan memperjelas garis-garis halus pada wajah.

Sebagai gantinya, gunakan pembersih wajah dalam bentuk krim atau gel. Pembersih wajah jenis ini membantu mengelupas kulit, mengangkat sisa makeup dan membersihkan pori-pori yang tersumbat.

3. Jangan terburu-buru mencuci wajah


Jangan terburu-buru saat mencuci muka. Karena kotoran dan minyak tidak hilang sepenuhnya.
Jika Anda ingin mendapatkan kulit wajah yang bersih, tanpa noda, ambil setidaknya beberapa detik untuk memijat lembut wajah Anda. Pijat area sekitar hidung dan dahi Anda yang biasanya cenderung lebih berminyak. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih dan keringkan dengan menepuknya dengan tangan Anda.

4. Jangan lupa untuk menggunakan toner


Setelah mencuci muka, gunakan toner sesuai jenis kulit Anda. Toner dapat membersihkan semua bekas riasan di wajah, debu dan minyak yang umumnya tidak dapat dibersihkan secara maksimal dengan pembersih biasa.

Selain itu, toner juga bisa mengeluarkan sisa sabun, mengecilkan pori-pori, menghilangkan minyak berlebih dan melembutkan kulit.

Penutup 


Demikian tadi pembahasan mengenai cara mencuci muka yang benar agar wajah tidak rusak. Ternyata hanya rajin mencuci muka saja tidak menjamin wajah menjadi bersih, ada cara yang harus diikuti supaya wajah bersih dan tidak mengakibatkan wajah Anda malah menjadi rusak. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mencuci Muka Yang Benar Agar Wajah Tidak Rusak "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel