Cara Menggunakan Asuransi Kesehatan Untuk Perawatan Medis Di Luar Negeri - Masamos.com

Cara Menggunakan Asuransi Kesehatan Untuk Perawatan Medis Di Luar Negeri

Cara Menggunakan Asuransi Kesehatan Untuk Perawatan Medis Di Luar Negeri

Cara Menggunakan Asuransi Kesehatan Untuk Perawatan Medis Di Luar Negeri - Asuransi kesehatan memfasilitasi akses ke perawatan yang lebih baik. Di beberapa perusahaan asuransi, cakupan akses ke perawatan juga diperpanjang atau diperluas, tidak hanya di rumah sakit nasional tetapi juga di luar negeri. Sekarang, bagaimana Anda menggunakan asuransi kesehatan jika Anda ingin mendapatkan perawatan di luar negeri?

Alasan banyak orang Indonesia berobat ke luar negeri


Para ahli di bidang teknologi dan kedokteran di Indonesia telah tumbuh dan berkembang. Bahkan, pemerintah juga menyediakan rumah sakit berstandar internasional untuk mendukung fasilitas dan kecanggihan peralatan medis. Namun, minat masyarakat untuk berdagang di luar negeri tetap tinggi.

Banyak orang Indonesia memilih pergi ke luar negeri untuk berobat keluar negeri dengan alasan

  • Total biaya pengobatan keseluruhan ternyata lebih murah,
  • Teknologi yang lebih baik atau lebih canggih
  • Layanan kesehatan yang diterima pasien lebih baik.


Dapatkah asuransi kesehatan digunakan untuk perawatan di luar negeri?


Meskipun asuransi kesehatan memfasilitasi pembayaran biaya pengobatan rumah sakit, setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan dan produk yang berbeda.

Misalnya, jaminan kesehatan JKN-KIS yang diterbitkan dan dikelola oleh BPJS Kesehatan tidak menyediakan layanan perawatan medis di rumah sakit yang berada diluar negeri.

Sementara itu, banyak perusahaan asuransi swasta nasional telah menyediakan layanan kesehatan di luar negeri. Khususnya untuk perusahaan asuransi internasional swasta, akses ke perawatan di luar negeri pasti akan difasilitasi.

Jadi, apakah asuransi dapat digunakan untuk perawatan di luar negeri tergantung pada asuransi Anda.

Cara menggunakan asuransi kesehatan untuk perawatan medis di luar negeri


Sebelum mengambil asuransi kesehatan, asuransi biasanya menjelaskan sistem tanpa uang tunai dan sistem penggantian. Anda harus terlebih dahulu memahami kedua sistem ini untuk menggunakannya dan memanfaatkannya sebaik-baiknya. Termasuk untuk mendukung biaya pengobatan di rumah sakit di luar negeri.

1. Sistem Cashless


Sistem cashless /tanpa uang memfasilitasi pengobatan tanpa mengeluarkan uang. Yang harus Anda lakukan adalah cukup dengan membawa kartu keanggotaan asuransi ke rumah sakit yang bekerja dengan perusahaan asuransi. Kemudian rumah sakit akan memeriksa periode aktif kartu asuransi Anda.

Jika Anda ingin pergi ke luar negeri dengan sistem tanpa uang tunai, pastikan rumah sakit bekerjasama dengan asuransi yang Anda ikuti. Maka Anda harus menginformasikan rencana pengobatan yang akan Anda lakukan kepada perusahaan asuransi.

2. Sistem Reimburse


Sistem reimburseatau biasa juga disebut sistem klaim, Anda harus membayar biaya rawat inap dengan dana Anda sendiri terlebih dahulu. Setelah itu biaya pengobatan akan diganti oleh perusahaan asuransi setelah Anda mengajukan klaim. Sebelum memproses, Anda harus terlebih dahulu memberi tahu administrator pihak ketiga (Third Party Administrator/TPA).

Setelah menerima perawatan, kuitansi rumah sakit atau catatan pembayaran, catatan pemeriksaan, dan surat dokter, Anda harus menghubungi perusahaan asuransi untuk kompensasi, yang merupakan pengembalian uang.

Tips perawatan di luar negeri dengan asuransi kesehatan


Anda harus berhati-hati tentang beberapa hal sebelum Anda memakai asuransi kesehatan untuk perawatan medis di luar negeri, antara lain:

  • Pastikan Asuransi Kesehatan yang Anda ikuti masih aktif dan tidak ada pembayaran premi yang menunggak. 
  • Pastikan layanan asuransi yang Anda pilih benar-benar memberikan akses ke perawatan medis di luar negeri.
  • Pilih rumah sakit di luar negeri yang bekerja dengan perusahaan asuransi Anda.
  • Pastikan tindakan dan perawatan yang diinginkan dilindungi oleh asuransi, karena banyak tindakan, seperti operasi plastik, tidak akan ditanggung oleh asuransi.
  • Pertama periksa asuransi untuk memproses dan melengkapi dokumen yang diperlukan
  • Dapatkan konfirmasi jadwal tindakan medis di rumah sakit di mana Anda akan pergi.
  • Pilih biaya perawatan yang dapat ditanggung oleh asuransi sehingga Anda tidak perlu membayar selisih biaya.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai cara menggunakan asuransi kesehatan untuk perawatan medis di luar negeri. Sebelum memutuskan untuk berobat keluar negeri sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak perusahaan asuransi yang Anda ikuti untuk memastikan apa saja layanan yang Anda dapatkan bila jadi berobat keluar negeri. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menggunakan Asuransi Kesehatan Untuk Perawatan Medis Di Luar Negeri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel