Cara Pemakaian Masker Hidung yang Tepat dan Benar

Cara Pemakaian Masker Hidung yang Tepat dan Benar

Cara Pemakaian Masker Hidung yang Tepat dan Benar - Bagi Anda yang sering bekerja di luar, polusi sering menjadi musuh utama karena dapat memiliki efek buruk pada kesehatan, terutama pada organ pernapasan.

Asap kendaraan, polusi industri, hingga debu di sekitarnya membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit mematikan, seperti tuberkulosis, sesak napas, hingga kanker paru-paru.

Itulah alasan utama mengapa begitu banyak orang memilih menggunakan masker untuk membentengi diri mereka sendiri dari polusi.

Menurut San Francisco Communicable Disease Prevention and Control Agency, penggunaan masker sebenarnya cukup efektif dalam mencegah masalah pernapasan.

Ini karena masker dianggap efektif mencegah masuknya partikel asing ke saluran udara untuk meminimalkan risiko infeksi oleh bakteri dan virus di udara.

Namun, untuk mencapai fungsi optimalnya, masker harus digunakan dengan benar. Karena jika Anda menggunakannya dengan buruk, masker sebenarnya malah memfasilitasi akses bakteri yang menyebabkan penyakit di dalam tubuh. Jadi apa

Cara pemakaian masker hidung yang tepat dan benar


Sebelum kita belajar mengenai cara terbaik untuk menggunakan masker? Ada baiknya Sebelum itu, Anda kenali dulu setiap lapisan pada masker yang sering kita gunakan


  1. Lapisan luar. Lapisan hijau atau biru umumnya digunakan untuk mencegah penetrasi mikropartikel (0,1 hingga 100 μm), seperti debu, butiran pasir, bubuk bunga di hidung.
  2. Lapisan tengah. Lapisan ini terbuat dari bahan spunbound non wovenyang yang digunakan untuk mencegah penyebaran bakteri atau virus dalam air liur ketika Anda batuk atau bersin.
  3. Lapisan dalam. Akhirnya, lapisan pada masker berwarna putih. Bagian ini memiliki tekstur halus yang membuatnya nyaman di kulit. Tidak hanya itu, lapisan ini juga benteng terakhir Anda terkena virus dan bakteri mikroskopis.
Cara Pemakaian Masker Hidung yang Tepat dan Benar - cara pasang

Dari uraian di atas, jelas bagi Anda bahwa bagian putih harus dekat dengan mulut karena telah dirancang agar lembut dan nyaman bersentuhan dengan kulit wajah. Sedangkan lapisan hijau harus menghadap keluar sehingga bisa mencegah masuknya debu.

Jangan hanya percaya pada berita hoax yang beredar di media sosial yang mengklaim bahwa memakai masker terbalik lebih efektif dalam menjaga kelancaran udara saat bernapas, kenyataannya hal tersebut berpotensi membahayakan kesehatan Anda.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai cara pemakaian masker hidung yang tepat dan benar. Jika tidak digunakan sesuai dengan semestinya maka masker dapat membahayakan kesehatan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Pemakaian Masker Hidung yang Tepat dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel