Cara Untuk Melakukan Klaim Asuransi Kesehatan Swasta dan BPJS Lengkap - Masamos.com

Cara Untuk Melakukan Klaim Asuransi Kesehatan Swasta dan BPJS Lengkap

Cara Untuk Melakukan Klaim Asuransi Kesehatan Swasta dan BPJS Lengkap

Cara Untuk Melakukan Klaim Asuransi Kesehatan Swasta dan BPJS Lengkap - Sebagai seorang peserta salah satu atau lebih asuransi kesehatan, Anda berhak mengklaim manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi.

Sebelum mengirimkan klaim asuransi kesehatan , alangkah baiknya untuk memahami dengan benar, langkah demi langkah atau proses untuk mengajukan klain Anda, hal itu untuk mempermudah memproses klaim asuransi kesehatan Anda nanti.

Cara untuk melakukan klaim asuransi kesehatan swasta dan BPJS 


Saat ini asuransi kesehatan yang tersedia terbagi menjadi dua jenis. Ada asuransi kesehatan konvensional (swasta) dan asuransi kesehatan publik (JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS). Keduanya memiliki klaim yang berbeda.

Agar klaim asuransi kesehatan Anda diproses dengan lancar, ikuti prosedur berikut:

Langkah-langkah untuk klaim asuransi kesehatan swasta


1. Memahami prosedur pengaduan


Dua metode dapat digunakan untuk membuat klaim asuransi, yaitu sistem cashless dan sistem reimbursement. Sangat penting untuk memahami prosedur klaim karena akan memudahkan Anda untuk mengajukan klaim.

Terutama jika asuransi yang Anda gunakan mengimplementasikan sistem pengembalian uang, di mana pengajuan klaim baru dapat dilakukan setelah semua perawatan selesai. Mengenai sistem tanpa uang tunai, Anda tidak memiliki klaim karena semua biaya langsung dibayarkan oleh perusahaan asuransi.

2. Kirimkan klaim sesegera mungkin


Setiap perusahaan asuransi kesehatan memiliki batas waktu maksimum untuk mengajukan klaim. Jika Anda mengajukan klaim melampaui tanggal yang ditentukan, perusahaan asuransi tidak ragu untuk menolaknya.

Pada dasarnya, semakin cepat Anda mengajukan klaim, semakin cepat proses klaim dan biaya penggantian akan diselesaikan.

3. Lengkapi formulir klaim


Jika Anda mengajukan klaim asuransi maka tidak akan dianggap lengkap tanpa mengisi formulir klaim. Pengisian formulir ini umumnya mencakup semua data orang-orang yang diasuransikan secara rinci. Dari nama lengkap, nomor KTP, nomor keanggotaan asuransi, data rumah sakit, data perawatan kesehatan, dll.

4. Lampirkan semua dokumen yang diperlukan


Setelah mengisi formulir, jangan lupa untuk melampirkan semua dokumen yang terkait dengan perawatan Anda. Apakah rawat jalan atau rawat inap.

Beberapa perusahaan asuransi kesehatan biasanya menyarankan Anda untuk menghubungi asuransi sebelum memulai perawatan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa perawatan yang akan Anda ambil dapat ditutupi oleh asuransi.

Kemudian, untuk menyederhanakan proses klaim, pastikan untuk mengisi dokumen yang mencakup
identitas Anda, tanda terima tagihan Anda, rekam medis asli Anda atau fotokopi, surat pengantar dari dokter, dan dokumentasi pendukung lainnya. terkait dengan perawatan Anda.

Jangan tinggalkan kesalahan apa pun dalam dokumen yang Anda kirimkan. Kesalahan ini dapat membuat klaim tertunda atau bahkan ditolak oleh asuransi.

5. Simpan salinan file klaim


Jika semua sudah selesai, jangan lupa untuk menyimpan semua salinan file klaim Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mempertahankan kemungkinan hilangnya data asuransi di sisi asuransi.

Langkah-langkah untuk klaim asuransi kesehatan BPJS


1. Klaim BPJS di bidang kesehatan berbeda dengan asuransi kesehatan swasta


Permintaan penggantian biaya pengobatan dari BPJS Kesehatan akan secara otomatis dibuat oleh fasilitas kesehatan (fasilitas kesehatan) atau rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Jadi, cukup tunjukkan kartu keanggotaan yang Anda miliki untuk perawatan, tanpa harus meminta pengembalian dana nanti. Biaya pengobatan yang dibayarkan oleh BPJS Kesehatan akan dikirim langsung ke fasilitas kesehatan atau rumah sakit.

2. Lengkapi semua dokumen yang diperlukan


Seperti kebanyakan klaim asuransi kesehatan, Anda juga akan diminta untuk menyerahkan dokumentasi pendukung untuk proses ini. Misalnya, fotokopi kartu identitas, fotokopi kartu keluarga, surat rekomendasi dari fasilitas kesehatan pertama jika dirawat di rumah sakit, Kartu Keanggotaan Kesehatan BPJS Anda, dll.

3. Klaim kesehatan BPJS dapat langsung digunakan untuk pengobatan


Selain itu, tanpa perlu banyak waktu, Anda bisa langsung menggunakan manfaat yang diberikan oleh BPJS Kesehatan untuk berobat. Penting untuk diingat bahwa BPJS Kesehatan sedang menyiapkan sistem rujukan yang berjenjang.  Artinya Anda harus melalui fasilitas kesehatan pertama sebagai pintu perawatan awal, seperti pusat kesehatan atau klinik.

Jika masih bisa ditangani di fasilitas pertama, Anda tidak perlu dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut (FKRTL). Namun, jika perlu, fasilitas kesehatan 1 akan memberikan rujukan ke rumah sakit terdekat yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

4. Selalu pastikan surat rujukan Anda masih berlaku


Kondisi medis yang tidak memungkinkan perawatan di fasilitas kesehatan pertama akan dipindahkan ke rumah sakit dengan surat rujukan. Bahkan dalam kasus ini, surat rujukan ini memiliki masa berlaku hingga tiga bulan sejak awal penerbitannya.

Jika, setelah tiga bulan, kondisinya belum membaik, Anda dapat memperpanjang surat rujukan dengan mengulangi prosedur dari awal.

Penutup


Demikian tadi pembahasan tentang  cara untuk melakukan klaim asuransi kesehatan swasta dan bpjs lengkap. Pelajari aturan dari masing-masing asuransi kesehatan yang Anda ikuti agar tidak terjadi masalah dikemudian hari ketika Anda menggunakannya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Untuk Melakukan Klaim Asuransi Kesehatan Swasta dan BPJS Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel