Cemilan Sehat Anak Untuk Mencegah Obesitas - Masamos.com

Cemilan Sehat Anak Untuk Mencegah Obesitas

Cemilan Sehat Anak Untuk Mencegah Obesitas

Cemilan Sehat Anak Untuk Mencegah Obesitas - Obesitas pada anak-anak menjadi masalah serius bagi orang tua zaman sekarang ini. Dame Sally Davis, kepala layanan kesehatan Inggris, mengatakan bahwa obesitas telah menjadi salah satu ancaman paling serius di sektor kesehatan, seperti Ebola dan penyakit kuning.

Apa yang bisa menyebabkan obesitas pada anak-anak?

Salah satu alasannya adalah pemilihan camilan tidak sehat yang mengandung banyak gula. Selain itu, proliferasi restoran yang menyajikan makanan cepat saji atau minuman berkalori tinggi dan lemak juga memperburuk status kesehatan anak-anak saat ini.

Secara global, lebih dari 40 juta anak di bawah usia 5 tahun mengalami obesitas. Jadi, bagaimana dengan Indonesia? Menurut data Riset Kesehatan Dasar, 16 daerah di Indonesia memiliki tingkat obesitas yang lebih tinggi daripada angka nasional yaitu 27%, daerah tersebut adalah Jawa Barat, Bali, Papua, D.I. Yogyakarta, Aceh, dll. Selain itu, terungkap bahwa kasus kegemukan umumnya ditemukan pada kelompok anak-anak berusia 5 hingga 12 tahun.

Kehidupan perkotaan yang berfokus pada gaya hidup praktis dianggap sebagai salah satu penyebab utama peningkatan kasus obesitas pada anak-anak. Jadi apa yang dapat dilakukan orangtua untuk meminimalkan ini? Salah satunya memilih dengan bijak  camilan sehat dan bergizi untuk anak.

Cemilan sehat anak untuk mencegah obesitas


Berikut ini adalah beberapa cemilan sehat yang bisa Anda persiapkan sendiri di rumah.

1. Sereal dan biskuit gandum


Daftar camilan sehat pertama terdiri dari sereal dan biskuit gandum. Sereal dan biskuit berbasis gandum bisa menjadi alternatif yang sehat. Hal ini disebabkan tingginya kandungan serat, vitamin E, vitamin B, seng dan kalium, baik untuk pencernaan dan pertumbuhan anak Anda.

Cemilan Sehat Anak Untuk Mencegah Obesitas - Sereal dan biskuit gandum

2. Kenari


Kacang-kacangan adalah sumber yang kaya vitamin E dan antioksidan, yang melindungi sel-sel otak dari paparan radikal bebas. Selain menjadi baik, kandungan vitamin E, tiamin, dan omega 3 membuatnya menjadi salah satu camilan sehat favorit bagi anak-anak karena dapat berkontribusi untuk kebutuhan nutrisi harian mereka.

Cemilan Sehat Anak Untuk Mencegah Obesitas - kenari

3. Yoghurt dan keju


Produk susu, seperti yogurt dan keju, dikenal karena tingginya tingkat protein dan vitamin B dan D. Kandungan nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan bayi karena dapat memicu pertumbuhan jaringan otak, otot dan saraf anak-anak.

Cemilan Sehat Anak Untuk Mencegah Obesitas - Yoghurt dan keju

4. keripik buah dan sayuran


Anak Anda tidak suka makan buah dan sayuran? Tenang, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menawarkan camilan berupa keripik buah dan sayuran yang kini banyak dijual di pasar. Namun, selalu perhatikan kandungan yang dikandungnya untuk mencegah anak Anda mengonsumsi warna buatan, pengawet dan rasa yang berlebihan.

Cemilan Sehat Anak Untuk Mencegah Obesitas -  keripik buah dan sayuran

5. Smoothies


Cara lain untuk membuat anak-anak ingin makan buah dan sayuran adalah dengan membuat smoothies. Anda dapat menggabungkan beberapa jenis buah dan sayuran seperti kiwi, jeruk, pisang, nanas dan bayam. Selain itu, gunakan yogurt atau susu rendah lemak sebagai pemanis alami untuk membuat balita Anda bersemangat dengan smoothies Anda.

Cemilan Sehat Anak Untuk Mencegah Obesitas - Smoothies

6. Agar-agar


Akhirnya, daftar camilan sehat untuk balita Anda adalah agar-agar atau biasa juga disebut gelatin. Alih-alih membeli camilan bayi yang belum tentu sehat, disarankan untuk membuat sendiri menggunakan gelatin.

Kandungan serat yang tinggi membuat gelatin menjadi pilihan camilan sehat untuk si kecil Anda. Potongan buah segar dan gelatin serupa dengan karakter favorit anak akan membuatnya tidak mau makan di luar.

Cemilan Sehat Anak Untuk Mencegah Obesitas - Agar-agar

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai cemilan sehat anak untuk mencegah obesitas. Jika ingin anak Anda tumbuh dengan sehat dan menjadi anak yang cerdas atur pola makan mereka dengan tidak memberikan cemilan yang dapat menyebabkan obesitas. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cemilan Sehat Anak Untuk Mencegah Obesitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel