Kegiatan Yang Pantang Dilakukan Sebelum Tidur - Masamos.com

Kegiatan Yang Pantang Dilakukan Sebelum Tidur

Kegiatan Yang Pantang Dilakukan Sebelum Tidur

Kegiatan Yang Pantang Dilakukan Sebelum Tidur - Tidur adalah salah satu karunia dari Tuhan  untuk mengendurkan tubuh yang lelah setelah seharian beraktivitas. Sebagian orang bisa tidur dengan mudah walaupun dalam posisi apa saja baik itu duduk, berbaring bahkan ada orang yang bisa tidur dalam posisi berdiri, hal ini biasa kita lihat didalam angkutan umum.

Tetapi tidak demikian untuk sebagian orang lainnya,bagi mereka tertidur adalah masalah yang sulit, bahkan terkadang mereka sudah berjam-jam ditempat tidur tetap tidak bisa tidur.
Kegiatan Yang Pantang Dilakukan Sebelum Tidur

Kegiatan Yang Pantang Dilakukan Sebelum Tidur


Ternyata aktifitas sebelum tidur dimalam hari, baik yang dilakukan secara sadar atau tidak, dapat mempengaruhi kualitas dan siklus tidur. Jika Anda ingin kualitas dan siklus tidur Anda baik sehingga tubuh Anda menjadi segar di pagi hari, maka hindari melakukan aktifitas dibawah ini.

1. Latihan  fisik yang berat


Menurut Dr. Janet Kennedy, ahli tidur dari New York, terbiasa berolahraga di malam hari dapat mencegah Anda tertidur. Bahkan, latihan seperti mengangkat beban atau berlari sejauh bermil-mil dapat membuat jantung berdetak lebih cepat. Inilah yang mencegah Anda tidur bahkan jika malam sudah sangat larut.

Akibatnya, siklus dan kualitas tidur menjadi terganggu sehingga tubuh tidak terasa segar di pagi hari. Untuk menghindari ini, Anda harus mengubah kebiasaan olahraga harian Anda. Pilih olarhaga yang lebih santai, seperti yoga, di malam hari karena dapat membantu merilekskan tubuh dan pikiran.

Sementara untuk olahraga yang berat dan intens, lakukan di pagi hari karena terbukti meningkatkan energi yang dibutuhkan untuk bergerak.

2. Makan terlalu banyak


Selain banyak latihan fisik yang berat, tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi sebelum tidur. Pakar Tidur Universitas Stanford, Dr Maurice Ohayon, mengatakan bahwa makan makanan berkalori tinggi sebelum tidur dapat mengurangi kualitas tidur. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan tubuh akan terus bekerja untuk memcerna makanan yang masuk.

Ini mirip dengan apa yang dikatakan duta tidur Nancy Rothstein: kebiasaan makan terlambat akan memaksa sistem pencernaan untuk terus bekerja di malam hari. Solusinya, posisikan tubuh Anda secara horizontal saat Anda tidur. Tujuannya untuk menyederhanakan dan mengurangi beban sistem pencernaan.

3. Penggunaan perangkat elektronik


Akhirnya, apa yang tidak boleh dilakukan sebelum tidur adalah kebiasaan Anda menggunakan perangkat elektronik seperti menonton TV, membuka smartphone atau memeriksa emailnya di laptop sebelum tidur. Perangkat elektronik dapat mengganggu proses relaksasi tubuh karena cahaya yang dipancarkan dapat membuat sulit untuk menutup mata.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai kegiatan yang pantang dilakukan sebelum tidur. Hindari 3 hal diatas tadi jika Anda ingin tidur nyenyak pada malam hari, agar tubuh selalu segar di pagi hari. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Kegiatan Yang Pantang Dilakukan Sebelum Tidur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel