Makanan Gosong Dapat Memicu Penyakit Kanker - Masamos.com

Makanan Gosong Dapat Memicu Penyakit Kanker

Makanan Gosong Dapat Memicu Penyakit Kanker

Makanan Gosong Dapat Memicu Penyakit Kanker - Sangat mungkin bagi tubuh manusia untuk mengalami perubahan atau mutasi. Tetapi apakah hal-hal kecil seperti mutasi DNA mempengaruhi tubuh manusia? Jawabannya iya.

Mutasi DNA dapat memiliki efek merugikan pada tubuh manusia, misalnya, jika makanan dimasak dengan cara yang salah. Makanan kaya karbohidrat dapat menyebabkan mutasi DNA yang dapat menyebabkan kanker di dalam tubuh jika dimasak terlalu matang atau sampai gosong.

Timothy Fennell, Ph.D., direktur RTI International dan ahli toksikologi, mengatakan bahwa ketika makanan kaya karbohidrat dimasak pada suhu tinggi, asam amino asparagin bereaksi terhadap gula dalam makanan dan membentuk akrilamida yang dapat memicu risiko kanker.

Apa itu akrilamida? 


Akrilamida atau Acrylamide adalah senyawa organik dengan rumus kimia C5H5NO. Senyawa ini berbentuk kristal, putih dan tidak berbau. Senyawa ini mudah larut dalam air, etanol, eter atau klorofom. Senyawa ini juga mudah terurai menjadi amonia, nitrogen oksida, karbon dioksida dan karbon monoksida.

Mutasi DNA muncul ketika tubuh bereaksi dengan akrilamida. Karena itu, perhatikan makanan yang kaya akan karbohidrat seperti kentang, jagung, roti dan tepung yang dimasak dengan menggoreng, memanggang atau  membakar dengan api pada suhu di atas 120 derajat Celcius.

Untuk mengantisipasinya, masak dengan suhu rendah dan hindari proses yang terlalu lama. Selain itu, Anda dapat mengurangi penumpukan akrilamida dalam kentang dengan merendamnya selama 2 jam sebelum menggorengnya.

Cara mengurangi kadar akrilamida


Meskipun tidak ada pedoman khusus yang mengatur konsumsi akrilamida, berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi konsentrasi bahan kimia ini dalam makanan yang diolah dengan cara dibakar:

  • Hindari memasak daging di atas panas langsung atau pada permukaan logam panas, terutama pada suhu yang sangat tinggi.
  • Selama memasak, daging harus terus dibalik, yang dapat mengurangi pembentukan gosong yang mengandung akrilamida.
  • Buang atau bersihkan bagian-bagian daging yang terkarbonisasi dan jangan membuat saus atau bumbu dari cairan yang keluar dari daging yang dimasak, karena keduanya mengandung  akrilamida cukup tinggi.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai makanan gosong dapat memicu penyakit kanker. Setelah mengetahui bahwa makanan yang dibakar dapat menyebabkan kanker. Sebaiknya, pertimbangkan metode memasak Anda, karena pencegahan lebih baik daripada mengobati. Ingat bahwa mengurangi akrilamida tidak berarti menghindari jenis makanan ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Makanan Gosong Dapat Memicu Penyakit Kanker"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel