Manfaat Membacakan Anak Dongeng Sebelum Tidur

Manfaat Membacakan Anak Dongeng Sebelum Tidur

Manfaat Membacakan Anak Dongeng Sebelum Tidur - Apakah Anda termasuk orang tua yang tidak pernah lupa untuk membacakan dongeng untuk pengantar tidur anak-anak Anda. Kegiatan ini saja bisa menjadi tantangan, terutama bagi orang tua yang bekerja di luar.

Tubuh yang lelah karena kepadatan aktivitas fisik sepanjang hari seringkali menjadi pemicu keengganannya untuk meluangkan beberapa saat untuk membacakan cerita untuk anak-anak, meskipun hanya satu atau dua halaman.

Tetapi tahukah Anda bahwa kebiasaan yang sering diremehkan ini memiliki dampak besar pada pertumbuhan dan perkembangan anak, baik dari segi kecerdasan intelektual dan emosional.

Manfaat Membacakan Anak Dongeng Sebelum Tidur


Dibawah ini akan kami coba jelaskan apa saja manfaat dari kebiasaan Ibu menbacakan dongeng kepada anak sebelum mereka tidur, yaitu:

1. Kembangkan imajinasi anak-anak


Efnie, seorang psikolog anak, mengatakan dalam kompas.com bahwa anak-anak usia 3 hingga 7 cenderung memiliki dunianya sendiri. Sekarang, ketika Anda terbiasa membaca cerita pengantar tidur setiap malam, Anda secara tidak langsung menstimulasi pengembangan imajinasi yang positif dan efektif untuk anak Anda.

Jadi apa manfaatnya jika anak Anda memiliki imajinasi yang kuat? Ia akan lebih aktif dan lebih efektif dalam mengkritik hal-hal yang melingkupinya karena kekuatan visualisasi otaknya dilakukan sejak usia dini melalui representasi karakter dan peristiwa di dunia dongeng.

2. Tingkatkan kemampuan verbal


Sangat jarang bagi Anda untuk mengetahui bahwa salah satu manfaat membaca cerita untuk anak-anak adalah meningkatkan kosakata anak Anda sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan lebih efektif. Plus bagi Anda yang memiliki bayi yang belum lancar bicara.

Telah terbukti bahwa menceritakan kisah setiap malam merangsang otak anak untuk menanggapi setiap unit bahasa, dari intonasi ke struktur kalimat hingga bahasa pragmatis. .

3. Bangun karakter anak-anak


Dalam buku dongeng, biasanya tersembunyi dalam karakter dan nilai-nilai moral yang bisa diambil. Oleh karena itu, daripada berbisik agar anak berperilaku baik, Anda harus mulai terbiasa membaca cerita setiap malam.

Nilai-nilai positif yang diterapkan secara sukarela lebih efektif daripada nilai-nilai yang dipaksakan. Dengan mendengarkan cerita yang Anda baca, anak dapat berpikir secara mandiri dengan memutuskan perilaku mana yang dapat diadopsi dan mana yang tidak. Hebat, bukan?

4. Bangun ikatan emosional


Tahukah Anda, bahwa saat Anda membacakan cerita untuk anak-anak dapat menjadi kenangan yang diingat oleh anak sampai ia tumbuh dewasa. Potongan-potongan kenangan ini memperkuat hubungan Anda dengan anak Anda, tidak peduli seberapa dewasa.

Selain itu, emosi dan afeksi yang Anda berikan setiap waktu dengan mengundang anak Anda untuk menjelajahi dunia imajiner akan membantu membentuk kepribadiannya sehingga ia menjadi orang yang mencintai.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai manfaat membacakan anak dongeng sebelum tidur. Luangkan waktu sedikit disela-sela kesibukan untuk membacakan dongeng sebelum mereka tidur, karena sangat besar dampaknya pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Membacakan Anak Dongeng Sebelum Tidur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel