Manfaat Mengkonsumsi Makanan Bebas Gluten Bagi Kesehatan - Masamos.com

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Bebas Gluten Bagi Kesehatan

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Bebas Gluten Bagi Kesehatan

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Bebas Gluten Bagi Kesehatan - Akhir-akhir ini, kebiasaan makan bebas gluten menjadi tren. Banyak restoran atau kafe menawarkan menu bebas gluten. Tapi apa itu gluten?

Pengertian gluten dan diet bebas gluten


Gluten adalah jenis protein tidak beraturan yang terbentuk ketika tepung terigu atau gandum dicampur dengan air.

Diet bebas gluten ternyata terkait erat dengan penyakit celiac, gangguan di mana pencernaan seseorang memiliki reaksi negatif ketika makan makanan yang mengandung gluten, seperti sereal, pasta, kue dan tepung yang terbuat dari gandum, beberapa saus atau kecap, roti beberapa jenis makanan siap saji.

Reaksi negatif yang dimaksud adalah luka usus kecil, sehingga penyerapan sari dari makanan tidak berfungsi optimal.

Komplikasi celiac


Komplikasi-komplikasi dari penyakit celiac ini dapat mengambil banyak bentuk, seperti diare, sembelit, perut kembung dan sakit perut. Ini kemudian menyebabkan munculnya beberapa pilihan makanan bebas gluten.

Hyun-seok Kim, MD, seorang dokter di Rutgers New Jersey Medical School di Newark, mengatakan bahwa meskipun jumlah total orang dengan penyakit celiac hanya mewakili sekitar 1% dari populasi manusia.

Jumlah dan ragam jenis makanan bebas gluten telah meningkat secara dramatis dari 2009 hingga 2018. Ini bukan lain karena promosi gaya hidup tanpa henti dan diet bebas gluten di masyarakat.

Manfaat dari mengkonsumsi makanan bebas gluten


Menurut William F. Balistreri, MD, seorang dokter di Pusat Medis Rumah Sakit Anak Cincinnati, meningkatkan metabolisme dan pencernaan tubuh akan meningkat dengan mengurangi atau menghilangkan gluten. Sesungguhnya, tubuh tidak perlu menghabiskan lebih banyak energi untuk memecah gluten. Oleh karena itu tubuh akan terasa lebih enteng, segar dan sehat.

Namun, ada catatan menarik dari Celiac Foundation bahwa dengan mengurangi atau tidak mengonsumsi gluten sepenuhnya, cenderung menambah berat badan. Hal ini disebabkan tingginya kadar gula dan lemak dalam makanan bebas gluten.

Keputusan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten sangat bergantung pada pilihan Anda. Jika Anda memiliki penyakit celiac, diet bebas gluten ini adalah pilihan yang tak terelakkan.

Namun, dalam kasus sebaliknya, ada baiknya jangan menghindari konsumsi gluten secara drastis karena bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai manfaat mengkonsumsi makanan bebas gluten bagi kesehatan. Ternyata makanan bebas gluten tidak saja bermanfaat hanya bagi penderita penyakit celiac, tetapi juga bermanfaat bagi semua orang asalkan dilakukan sesuai anjuran. Semoga bermanfaat

0 Response to "Manfaat Mengkonsumsi Makanan Bebas Gluten Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel