Mitos atau Fakta Mandi Malam Menyebabkan Rematik - Masamos.com

Mitos atau Fakta Mandi Malam Menyebabkan Rematik

Mitos atau Fakta Mandi Malam Menyebabkan Rematik

Mitos atau Fakta Mandi Malam Menyebabkan Rematik - Setelah seharian sibuk beraktivitas sampai sore bahkan bisa sampai malam, sehingga kesempatan Anda untuk mandi adalah pada malam hari saja. Biasanya mandi pada malam hari didasari oleh banyak alasan seperti alasan merasa tidak nyaman dengan kotoran dan debu ari pekerjaan yang menempel di tubuh.

Namun, biasanya istri ataupun orang tua Anda sering melarang bila Anda ingin mandi pada malam hari. Hal ini disebabkan karena kebanyakan orang masih percaya bahwa mandi malam adalah penyebab rematik. Mungkin banyak dari kita yang bertanya enarkah seperti itu bahwa mandi malam adalah penyebab rematik atau hanya mitos saja?

Apa yang dimaksud penyakit rematik 


Rematik adalah penyakit yang menyerang otot-otot dan persendian Anda. Pada pasien dengan rematik, peradangan dan pembengkakan terjadi pada persendian yang menghubungkan sendi atau tulang, yang mengakibatkan rasa sakit atau nyeri.

Penyebab penyakit itu sendiri adalah gangguan autoimun di mana sistem pertahanan tubuh yang seharusnya melindungi Anda dari kuman, bakteri, dan penyakit, malah cenderung berbalik menyerang dan merusak sel-sel sendi Anda yang normal.

Diperkirakan ada ratusan jenis rematik. Namun jenis yang paling umum adalah rheumatoid arthritis (radang sendi) dan osteoartritis (mengakibatkan pergerakan sendi menjadi terbatas dan seiring dengan berjalannya waktu, dapat menyebabkan kerusakan tulang rawan (kartilago).

Apakah benar mandi malam menyebabkan rematik?


Jawabannya adalah salah, karena sampai sekarang belum ada hasil dari salah satu penelitian yang mengungkapkan bahwa mandi malam adalah penyebab rematik.

Menurut Handono Kalim, spesialis penyakit dan konsultan reumatologi bahwa mitos ini bisa didasarkan pada pengalaman bahwa suhu air akan turun di malam hari. Memang benar bahwa mandi di malam hari dengan air dingin dapat menyebabkan kekakuan otot, tetapi belum tentu penyakit itu adalah penyakit rematik.

Meskipun orang yang lebih tua lebih rentan terhadap rematik, ini tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa Anda masih berusia muda, bisa juga mengidap penyakit ini.

Di antara berbagai jenis, rheumatoid arthritis adalah salah satu yang paling sering menyerang orang dari berbagai umur biasanya yang paling sering terserang adalah kisaran usia 20 hingga 50 tahun.

Gejala yang paling umum adalah kekakuan sendi saat bangun dari tidur atau penurunan fleksibilitas sendi Anda saat bergerak. Jika tidak segera ditangani dengan baik maka rheumatoid arthritis dapat menyebabkan kerusakan permanen dan perubahan pada sendi Anda.

Jadi jika Anda mengalami gejala semacam ini rematik, segeralah mencari pertolongan medis untuk mendapatkan penanganan yang cepat, tepat dan benar oleh dokter atau tenaga kesehatan di rumah sakit.

Apa yang bisa dilakukan untuk meminimalkan risiko penyakit rematik? 


Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Rumah Sakit untuk Bedah Khusus, perawatan harian terhadap penyakit rematik yang paling mudah adalah menerapkan pola hidup sehat dengan melakukan diet sehat lima sempurna dan teratur berolahraga ringan mungkin merupakan solusi paling efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko rematik.

Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa mandi malam menyebabkan rematik hanyalah mitos yang selama ini sudah terlanjur beredar luas di masyarakat.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai mitos atau fakta mandi malam menyebabkan rematik. Jadi tidak perlu takut untuk membersihkan badan dari kotoran setelah beraktifitas seharian di malam hari. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mitos atau Fakta Mandi Malam Menyebabkan Rematik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel