Penyebab Kebotakan Yang Harus Anda Ketahui Dan Waspadai - Masamos.com

Penyebab Kebotakan Yang Harus Anda Ketahui Dan Waspadai


Penyebab Kebotakan Yang Harus Anda Ketahui Dan Waspadai - Banyak perubahan yang tidak bisa dihindari seiring bertambahnya usia, terutama kebotakan. Namun kabar buruknya, kebotakan bisa terjadi dalam rentang usia berapa pun. Tidak masalah jika Anda seorang remaja atau orang tua, rambut Anda akan rontok dan jatuh karena berbagai alasan.

Penyebab Kebotakan


Inilah penyebab kebotakan yang harus Anda ketahui dan waspadai sedari awal:

1. Hormon dan gen


Hormon dan gen adalah penyebab kebotakan nomor satu. Menurut Science Translational Medicine, testosteron pada manusia dan faktor keturunan dapat mengecilkan folikel rambut.

Selain itu, Profesor George Cotsarelis, seorang ilmuwan di University of Pennsylvania, mengatakan bahwa peningkatan kadar enzim prostaglandin D synthase membantu memicu kebotakan pada pria. Enzim ini ditemukan di folikel rambut yang menipis.

2. Stres


Stres sebenarnya dapat memicu peningkatan produksi testosteron pada pria. Hal ini membuat folikel rambut akan melemah karena terhalangnya aliran darah, sehingga rambut akan mulai rontok yang mengakibatkan kebotakan.

3. Gaya hidup yang tidak sehat


Tahukah Anda bahwa produksi protein keratin, yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut dan kesehatan, sangat dipengaruhi oleh konsumsi makanan sehari-hari?

Kurangnya asupan protein memungkinkan tubuh untuk menggunakan protein untuk keperluan lain, termasuk keratin. Akibatnya, kesehatan rambut dan kulit kepala menurun karena kurangnya protein keratin yang tersedia. Solusinya adalah memperbanyak konsumsi makanan tertentu seperti telur dan daging ikan untuk menjaga kadar protein dalam tubuh.

4. Kehamilan


Pada wanita, kebotakan dapat dipicu oleh kehamilan. Perubahan hormonal selama kehamilan dan setelah melahirkan dapat menyebabkan kerontokan rambut. Namun jangan khawatir, karena kebotakan tidak permanen. Rambut akan tumbuh kembali setelah hormon kembali normal dalam tubuh.

5. Penggunaan bahan kimia


Penyebab terakhir dari kebotakan adalah penggunaan bahan kimia. Gaya rambut tidak bisa dihindari, terutama bagi mereka yang sangat peduli dengan penampilan mereka.

Namun, penggunaan berlebihan zat asing tertentu dalam cat dan bahan kimia rambut dapat menyebabkan kerontokan, penipisan rambut dan memicu kebotakan.

Oleh sebab itu hindari terlalu banyak mengekspos diri terhadap zat asing di kulit kepala karena ini dapat menghambat rambut Anda untuk tumbuh kembali.

Cara mencegah kebotakan 


Setelah mengalami penyebab kebotakan. Tentu saja, Anda tahu bahwa kebotakan dapat terjadi pada semua orang, ada baiknya untuk mengambil langkah-langkah pencegahan seperti:

  • Mengadopsi gaya hidup sehat, 
  • Konsumsi makanan dan minuman bergizi
  • Rutin berolahraga
  • Hindari minum minuman beralkoho
  • Hindari stres yang berkepanjangan, karena ini dapat membuat rambut dan kulit kepala lebih buruk.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai penyebab kebotakan yang harus anda ketahui dan waspadai. Sebelum rambut Anda rontok semakin parah maka secepatnya mengadopsi gaya hidup sehat seperti yang dijelaskan diatas. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Penyebab Kebotakan Yang Harus Anda Ketahui Dan Waspadai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel