Peralatan Rumah Tangga Yang Merupakan Sarang Kuman - Masamos.com

Peralatan Rumah Tangga Yang Merupakan Sarang Kuman

Peralatan Rumah Tangga Yang Merupakan Sarang Kuman

Peralatan Rumah Tangga Yang Merupakan Sarang Kuman - Kesehatanmu dan keluargamu adalah prioritas utama seorang Ibu. Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa kebersihan tempat dan peralatan rumah tangga selalu menjadi subyek perhatian khusus.

Alasannya tak lain adalah meminimalisir risiko pertumbuhan kuman dan bakteri, seperti Staphylococcus aureus, salmonella, di Escherichia Coli.

Peralatan rumah tangga yang merupakan sarang kuman


Tapi tanpa disadari, beberapa alat rumah tangga sebenarnya adalah sumber kuman yang tidak terduga. Tidak percaya? Berikut ini daftar lengkap peralatan rumah tangga yang merupakan tempat yang paling disenangi kuman untuk menjadi tempat berkembang biak:

1. Peralatan dapur


  • Talenan. Penggunaan alat ini sebagai dasar untuk memotong sayuran, daging dan bahan makanan lainnya ketika memasak terbukti menjadi alasan mengapa memotong papan adalah salah satu alat "paling kotor" dari Rumah. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh NSF International (National Science Foundation) menunjukkan bahwa setidaknya 18% talenan mengandung bakteri coliform dan 14% jamur.
  • Spons pencuci piring. Selain memotong papan, alat lain yang menjadi sarang kuman di rumah adalah spons pencuci piring. Spons dianggap barang paling kotor, karena beberapa jenis bakteri, seperti coliform, salmonella dan E. coli, telah terbukti terdapat pada alat ini. Jadi, daripada mempertaruhkan kesehatan dan keluarga Anda, ada baiknya untuk mengganti spons setiap dua minggu dan secara teratur membuang sisa air ke dalam mangkuk setiap hari.
  • Keran air. Seberapa sering Anda menggunakan keran? Dari mencuci tangan hingga membersihkan sayuran untuk menghilangkan kotoran pada alat makan, penggunaan keran dan wastafel tidak dapat dihindarkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kedua perangkat adalah tempat ideal untuk reproduksi kuman dan bakteri. Ini tidak berlebihan jika Anda perlu membersihkan keran secara teratur setidaknya sekali sehari untuk menyingkirkan air sabun atau kotoran yang menempel lainnya.

2. Perlengkapan mandi


  • Sikat gigi. Apakah Anda termasuk orang yang menyimpan sikat gigi di toilet? Jika demikian, ada baiknya untuk mulai mengubah kebiasaan ini. Alasannya adalah bahwa toilet adalah tempat di mana bakteri E. coli berkembang biak dengan cara yang subur. Anda tentu tidak ingin bakteri pindah ke sikat gigi, bukan? Selain itu, biasakan mengganti sikat gigi Anda setidaknya sebulan sekali. Ini dilakukan untuk meminimalkan risiko bakteri kembali ke mulut.
  • Handuk. Siapa yang mengira bahwa handuk adalah sumber kuman di rumah? Ketika Anda mengeringkan tubuh setelah mandi, sel-sel kulit mati melekat pada serat-serat jaringan, yang menjadi makanan bagi bakteri dan kuman. Karena itu, biasakan mencuci handuk dengan air hangat setidaknya sekali seminggu untuk meminimalkan infeksi.

3. Gadget


Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa setidaknya ada 600 unit bakteri Staphylococcus dalam gadget, seperti smartphone dan tablet. Ini membuat gadget Anda lebih "kotor" daripada tempat duduk toilet.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai peralatan rumah tangga yang merupakan sarang kuman. Sulit untuk menghindari menggunakan alat-alat di atas. Tetapi tidak berarti Anda tidak dapat meminimalkan dampak negatifnya. Tidak ada salahnya selalu memberikan cairan antiseptik di sekitar Anda agar kuman dan bakteri tidak bisa berkembang biak dan menginfeksi tubuh. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Peralatan Rumah Tangga Yang Merupakan Sarang Kuman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel