10 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan

10 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan

10 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan - Asuransi kesehatan memfasilitasi akses ke fasilitas kesehatan dan bantuan pengobatan jika terjadi sakit. Namun, apa yang harus dipertimbangkan sebelum memilih asuransi kesehatan.

Hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih asuransi kesehatan


Dibawah ini adalah daftar pertanyaan yang bisa Anda tanyakan pada diri sendiri agar tidak salah dalam memilih asuransi kesehatan:

1. Jenis asuransi apa yang saya butuhkan?


Ketika Anda mendaftar untuk asuransi, Anda harus berhati-hati agar tidak mudah tergoda oleh semua penawaran. Pilih jenis asuransi yang dibutuhkan dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Terkadang, banyak penawaran yang merupakan perangkap atau adanya diskon mendorong pelanggan untuk berlangganan jenis paket asuransi yang tidak diperlukan, bahkan di luar kemampuan mereka.

2. Apakah penyedia asuransi yang saya pilih benar?


Memilih perusahaan asuransi bukanlah lelucon. Anda harus berhati-hati saat memilih. Lebih baik memilih perusahaan yang memiliki rekam jejak yang baik dan dapat diandalkan sebagai penyedia asuransi.

Lihat juga jenis dan layanan asuransi apa yang ditawarkan. Juga pertimbangkan kemudahan administrasi dan pemrosesan klaim untuk penyedia asuransi.

Carilah informasi di situs web atau hubungi setiap penyedia asuransi. Kemudian bandingkan satu per satu untuk melihat mana yang menawarkan banyak manfaat dengan layanan yang baik.

3. Berapa banyak opsi rumah sakit yang saya perlukan?


Tentu saja, semakin banyak daftar rumah sakit yang bekerja dengan perusahaan asuransi, semakin baik. Anda dapat dengan mudah mendapatkan layanan medis di mana saja, jarak tanpa batas.

Pilih rencana asuransi dengan jaringan banyak rumah sakit layanan lengkap di dekat tempat kerja atau tempat tinggal Anda.

4. Dapatkah saya membayar premi yang diajukan?


Asuransi kesehatan tentunya dapat mengurangi biaya pengobatan jika terjadi penyakit, tetapi jangan meyiksa diri karena Anda harus membayar cukup premi untuk mengosongkan kantong.

Ketika memilih asuransi kesehatan, Anda harus beradaptasi dengan kemampuan keuangan Anda dan orang-orang dari keluarga Anda. Bandingkan berbagai jenis asuransi yang tersedia, lihat berapa premi yang harus dibayarkan per bulan dan apa yang Anda dapatkan.

Pastikan untuk melihat ketentuan kapan pembayaran premi harus dikembalikan dan kapan premi akan dibayarkan. Itu saja yang perlu Anda ketahui sebelum Anda membeli asuransi.

Karena setiap asuransi kesehatan memiliki sistem yang berbeda, terutama asuransi swasta. Ada yang meminta pelanggan membayar premi hingga usia 70 tahun, sebagian untuk seumur hidup, dan seterusnya. Perhatikan ketentuan ini, jangan biarkan uang yang Anda investasikan membuat Anda sulit.

5. Apa jenis biaya penggantian dana yang saya butuhkan?


Sebelum memilih asuransi kesehatan, Anda harus terlebih dahulu mengetahui bahwa ada beberapa cara untuk membayar biaya pengobatan, yaitu pembayaran tanpa uang (cashless) dan pembayaran terlebih dahulu (reimbursement).

Anda harus tahu penyedia asuransi mana yang Anda pilih akan menggunakan sistem. Karena itu akan berbeda ketika kamu sakit.

Jika asuransi yang Anda pilih menggunakan metode cashless, Anda tidak akan menghabiskan uang untuk perawatan. Biaya akan ditanggung langsung oleh perusahaan asuransi. Yang Anda butuhkan adalah bukti keanggotaan ketika Anda mencari perawatan.

Namun, ada juga beberapa asuransi yang masih menggunakan metode reimbursement, metode ini mengharuskan Anda membayar biaya pengobatan yang dibuat terlebih dahulu. Anda dapat melakukan klaim setelah melampirkan berbagai dokumen yang diperlukan kepada perusahaan asuransi.

6. Layanan rumah sakit dan rawat jalan mana yang akan disediakan?


Sebagai aturan umum, asuransi menanggung biaya rawat inap dan rawat jalan. Pastikan Anda tahu rumah sakit dan fasilitas rawat jalan mana yang akan Anda dapatkan jika Anda memilih asuransi.

Itu adalah biaya obat-obatan, beberapa tes medis, sampai konsultasi dokter ketika pasien eksternal tertutup atau tidak. Juga tanyakan berapa biaya rawat inap dalam satu hari ditanggung oleh asuransi.

Umumnya, berbagai jenis asuransi juga sesuai dengan kelas ruang rawat inap yang berbeda. Sekali lagi, sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan keluarga ketika Anda memilih asuransi kesehatan ini.

7. Berapa banyak biaya batas yang akan ditanggung oleh asuransi?


Bahkan jika asuransi mencakup perawatan Anda, semua pemeriksaan dan perawatan tidak tercakup. Setiap perusahaan asuransi memiliki biaya sendiri untuk klien.

Dalam prakteknya, umumnya ada 2 batas yang berlaku untuk produk asuransi, yaitu batas total perawatan dan batas per perawatan. Sebaiknya, pilih asuransi yang menerapkan sistem cakupan total bukan batas per perawatan.

Jika dengan pengobatan, misalnya, jenis batas membatasi biaya operasi sebesar Rp. 10 juta per tahun, biaya rawat inap adalah Rp.20 juta per tahun, atau biaya konsultasi sebesar Rp. 10 juta per tahun.

Ketika Anda memiliki penyakit tertentu dan Anda harus dioperasikan dengan biaya lebih dari 10 juta, maka Anda harus menanggung kelebihannya sendiri. Sedangkan jika Anda memilih asuransi kesehatan dengan limit pertanggungan total maka tidak akan dilihat biaya per jenis perawatan tetapi yang dilihat adalah total biaya keseluruhan.

8. Apakah membayar cukup mudah bagi saya?


Lebih baik memilih asuransi kesehatan yang mudah dalam pengurusannya jika kita perlukan, termasuk ketika membayar premi. Perhatikan bagaimana pembayaran premi ditentukan oleh penyedia asuransi. Apakah metode ini membuatnya mudah atau bahkan sulit?

Misalnya, menggunakan kartu kredit debit atau otomatis, atau melalui mini market, kantor pos atau ATM. Pilih asuransi kesehatan di mana pembayaran premi dapat mempermudah pekerjaan Anda.

9. Apakah asuransi ini menanggung biaya pemeriksaan medis?


Beberapa perusahaan asuransi menawarkan pemeriksaan medis (MCU) dan beberapa tidak. Sebagian besar tidak menyediakan MCU. Bahkan jika memang ada, itu akan mempengaruhi jumlah premi yang dibayarkan. Jadi, Anda harus memastikan dari awal apakah asuransi kesehatan tersebut menganggung atau tidak.

10. Apakah produk yang dipilih adalah asuransi utama atau tambahan


Ada 2 jenis produk asuransi kesehatan, yaitu asuransi primer dan komplementer.
Asuransi primer hanya menanggung biaya perawatan medis dan pemeriksaan medis hanya jika terjadi sakit. Sedangkan asuransi kesehatan tambahan adalah penggantian semua biaya rawat inap, misalnya untuk kecelakaan, penyakit kritis, hingga tunjangan kematian.

Asuransi kesehatan tambahan ini bekerja terutama untuk mengoptimalkan asuransi kesehatan.
Untuk ini, Anda perlu memastikan lagi jika biaya premi akan meningkat jika Anda memilih produk asuransi tambahan. Lalu, apa saja insiden yang ditanggung, mintalah ilustrasi agar Anda benar-benar mengerti dan Anda tidak tahu yang mana yang harus dipilih.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai 10 hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih asuransi kesehatan. Jangan terburu-buru jika ingin memilih asuransi kesehatan , pastikan dengan sungguh-sungguh agar tidak menyesal dikemudian hari. Semoga bermanfaat.

0 Response to "10 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel