10 Obat Sariawan Tradisional di Bibir dan Lidah yang Terbukti Ampuh - Masamos.com

10 Obat Sariawan Tradisional di Bibir dan Lidah yang Terbukti Ampuh

10 Obat Sariawan Tradisional di Bibir dan Lidah yang Terbukti Ampuh - Gangguan mulut ini memang sangat mengganggu aktifitas Anda sehari-hari. Bagaimana tidak terganggu jika Anda harus merasakan sakit pada bibir dan lidah setiap kali Anda melakukan kegiatan yang berkaitan dengan organ-organ mulut, seperti makan, minum, bahkan berbicara.

10 Obat Sariawan Tradisional di Bibir dan Lidah yang Terbukti Ampuh

Anda harus tahu bahwa sariawan sebenarnya dipicu oleh beberapa faktor, seperti:

  • Perubahan dalam pola makan
  • Keturunan atau gen 
  • Perubahan hormonal
  • Kebiasaan makan atau kebiasaan makan yang terlalu asam 
  • Stres, 
  • Kekurangan vitamin C
  • Luka di mulut
  • Menyikat gigi terlalu keras.


Obat sariawan tradisional di bibir dan lidah


Jadi apa yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan sariawan dengan cepat. Meskipun sariawan dapat sembuh dengan sendirinya, proses penyembuhan dapat dipercepat dengan menggunakan bahan-bahan alami atau biasa disebut obat sariawan alami seperti berikut ini:

1. Lidah buaya


Satu sariawan pada lidah bisa membuat seluruh mulut tidak nyaman dan panas. Untuk ini, siapkan daun lidah buaya yang masih segar dan cuci sampai bersih. Kemudian oleskan gel daging lidah buaya secukupnya pada sariawan Anda. Biarkan selama beberapa jam dan ulangi dua hingga tiga kali sehari. Lidah buaya efektif dalam menghilangkan sariawan karena fungsi anti-inflamasi alami dan menghilangkan rasa sakit.

2. Es batu


Dalam beberapa hari, luka sariawan mulut bisa membengkak dan menjadi sakit. Agar sariawan cepat hilang dan sembuh, Anda bisa mengompres lidah dengan es batu yang dibungkus kain lembut. Rasa segar es batu bisa menjadi obat alami melawan sariawan yang mengurangi rasa sakit. Gunakan es batu pada bagian mulut yang sariawan sampai meleleh sepenuhnya di dalam mulut.

3. Kelapa


Diperkirakan bahwa kelapa mampu menjadi obat sariawan di lidah atau di bibir. Kelapa mencegah peradangan luka sekaligus mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan. Juga diyakini bahwa kelapa membantu menurunkan tingginya suhu tubuh, yang kadang-kadang menjadi salah satu penyebab dari sariawan.

Cara menggunakan kelapa sebagai obat alami sariawan sebenarnya cukup mudah. Campur madu dengan santan atau minyak kelapa, lalu oleskan campuran tersebut pada sariawan Anda. Ulangi 3-4 kali sehari, sampai sariawan mulai tampak kempes.

4. Kantong teh bekas


Anda juga bisa mengompres kantong teh bekas untuk membuat sariawan di lidah dan bibir. Kantong teh yang bersifat alkali dapat menetralkan lingkungan asam mulut sehingga tidak memperparah rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan.

Caranya juga sangat mudah hanya dengan menempelkan kantong teh bekas selama sekitar lima menit ke sariawan Anda.

5. Madu


Madu adalah salah satu pilihan obat alami yang sangat efektif. Metode ini hanya mengoleskan madu pada sariawan maka kurang dalam 1 minggu sariawan Anda akan membaik dan sembuh.

Madu memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi rasa sakit sambil mempercepat proses penyembuhan sariawan.

6. Larutan air garam


Inilah cara paling praktis untuk menyingkirkan sariawan. Cukup dengan membuat larutan air garam yang digunakan untuk membilas mulut Anda setiap kali Anda bangun tidur, sariawan akan cepat hilang dari mulut Anda.

7. Soda kue


Jika sariawan masih keras kepala, maka Anda dapat mencoba solusi yang tepat ini. Caranya, rendam kapas dengan larutan yang terdiri atas satu sendok teh soda kue dan sedikit air, lalu tempelkan ke bagian yang sakit. Lakukan kegiatan ini secara teratur jika Anda menginginkan hasil yang maksimal.

8. Tomat


Seperti yang Anda ketahui, tomat adalah buah yang kaya akan vitamin C sehingga sangat efektif untuk menyembuhkan sariawan. Caranya sangat mudah. Anda cukup dengan menggunakan jus tomat untuk berkumur sebanyak 3 kali sehari agar mulut kembali normal.

9. Santan


Meskipun kelihatannya aneh, santan akan efektif dalam mengobati sariawan. Cara berkumur dengan santan yang  diperoleh dari perasan kelapa segar bukan santan instan seperti yang dijual dalam kemasan di warung dan toko setidaknya 3-4 kali sehari. Tidak diragukan lagi, dalam beberapa hari, sariawan Anda akan mulai mengering dan mulut Anda akan kembali sehat seperti biasanya.

10. Daun ketumbar


Tahukah Anda bahwa daun ketumbar, sering digunakan sebagai bahan penyedap makanan, ternyata juga sangat efektif dalam mengobati sariawan. Caranya juga sangat mudah, tinggal rebus daun ketumbar menggunakan air dan gunakan untuk berkumur setiap hari. Lakukan secara teratur untuk hasil yang optimal.

Cara mencegah sariawan agar tidak berulang


Bagi Anda yang lebih suka mencegah dari pada mengobati maka Anda bisa menggunakan beberapa cara dibawah ini agar terhindar dari penderitaan akibat sariawan.

  • Mengurangi konsumsi makanan yang terlalu asin
  • Pedas atau kasar
  • Menggosok gigi secara teratur 
  • Minum banyak air putih
  • Makan makanan yang tinggi vitamin C, vitamin B, dan zat besi.
  • Jika Anda menggunakan alat pada gigi seperti kawat gigi atau lainnya, tanyakan kepada dokter gigi mana lilin ortodontik yang aman digunakan untuk menutupi bagian ujung dari alat pada gigi Anda yang bersifat tajam.
  • Jika sariawan Anda sering muncul saat stres, lengkapi diri Anda dengan berbagai teknik pengurangan stres. Misalnya, meditasi dan teknik pernapasan dalam.


Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai 10 obat sariawan tradisional di bibir dan lidah yang terbukti ampuh. Ternyata banyak bahan alami disekitar kita yang dapat Anda gunakan untuk mengobati sariawan. Meski terbukti efektif, tetapi mencegah sariawan dengan mulai menjaga kesehatan organ mulut tetap lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat.

0 Response to "10 Obat Sariawan Tradisional di Bibir dan Lidah yang Terbukti Ampuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel