Manfaat Olahraga Ringan Yang Dilakukan di Kantor - Masamos.com

Manfaat Olahraga Ringan Yang Dilakukan di Kantor

Manfaat Olahraga Ringan Yang Dilakukan di Kantor - Pentingnya berolahraga secara teratur sudah sangat sering disebutkan. Banyak alasan yang mendasari, dimulai dengan menjaga kesehatan, membakar kelebihan kalori dalam tubuh, memperbaiki mood hari itu.

Manfaat Olahraga Ringan Yang Dilakukan di Kantor

Tetapi bagi mereka yang bekerja dari pagi hingga malam, olahraga luar ruangan sering menjadi tantangan. Pagi yang sibuk dan kurang energi di sore hari membuat Anda merasa malas berolahraga.

Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan oleh School of Medicine di University of Alberta, Kanada, menemukan bahwa pekerja yang bekerja di depan komputer dari pagi hingga malam sering mengeluh tubuh yang lemah dan menyakitkan.

Kondisi ini disebabkan oleh kebiasaan duduk terlalu lama, mengakibatkan hilangnya kelenturan tubuh karena otot dan persendian kaku karena mereka dibiarkan terlalu lama untuk tetap dalam satu posisi.

Manfaat Olahraga Ringan Yang Dilakukan di Kantor


Cara mudah untuk tetap bugar dan menjaga tubuh Anda tetap aktif di tengah-tengah akumulasi tugas di kantor.

Dibawah ini adalah beberapa olahraga ringan dan kegiatan yang dapat Anda coba di tempat kerja:

  1. Pilih tangga jangan lift, karena menaiki tangga bisa membuat Anda lebih aktif di kantor.
  2. Parkir mobil lebih jauh dari biasanya untuk membakar kalori sambil berjalan. 
  3. Tetaplah sesering mungkin karena berdiri dapat membakar lebih banyak kalori daripada duduk.
  4. Jika rumah Anda dekat kantor, berjalan kaki atau bersepeda adalah pilihan yang baik untuk tetap bugar.
  5. Gunakan setengah waktu makan siang untuk berjalan di sekitar kantor.


Selain kegiatan di atas, Anda juga dapat melakukan beberapa gerakan ringan yang dapat dicoba di ruang kerja, misalnya:

Gerakan olahraga ringan dalam posisi duduk


  • Dalam posisi duduk, Anda bahkan dapat berlatih senam kegel untuk melatih otot-otot panggul bawah yang mengontrol urin. Sambil duduk, kencangkan bokong, tahan selama beberapa detik, lalu lepaskan. Ulangi hingga 15 kali.
  • Duduk tegak, putar kepala Anda ke kiri dan putar tubuh Anda ke kanan. Tahan beberapa saat, lalu ubah sisi.
  • Untuk meredakan ketegangan punggung, peluk tubuh Anda dengan meletakkan tangan kiri di bahu kanan dan tangan kanan di bahu kiri. Tahan beberapa saat, lalu lepaskan.
  • Duduklah di kursi dan rentangkan tangan Anda sejauh mungkin ke kiri dan kanan. Tahan beberapa saat, lalu kembali ke dada. Ulangi hingga 5-6 kali.
  • Saat duduk, pegang lutut di dada, pegang, dan letakkan. Ulangi sebanyak mungkin. Pastikan kursi Anda bukan kursi roda agar tidak jatuh.
  • Panjangkan tangan Anda, lalu tahan selama 30 detik. Setelah itu, arahkan tangan Anda ke kiri, belakang dan depan, lalu tahan selama 10 detik. Ulangi 3-5 kali.
  • Gerakkan otot-otot bahu dan dada dengan menempatkan tangan Anda di atas pegangan kursi. Kemudian, perlahan angkat bagian atas dan bawah tubuh, tubuh bersandar di tangan dan pergelangan kursi. Tahan beberapa saat, lalu ulangi hingga 15 kali.
  • Untuk meredakan kekakuan di leher, Anda dapat memutar kepala dan leher Anda seperti saat Anda melakukan pemanasan olahraga.
  • Sambil duduk, angkat satu kaki ke depan, tahan selama dua detik. Kemudian turunkan sampai kaki Anda sedikit di atas tanah, tahan selama beberapa detik sebelum kembali ke tanah. Lakukan hal yang sama pada langkah selanjutnya. Ulangi masing-masing 15 kali.
  • Untuk menggerakkan otot-otot bahu dan dada, letakkan kedua tangan di pegangan kursi. Angkat tubuh dan bokong dengan lembut sampai bokong beberapa inci di atas bantalan kursi, masih di tangan. Tahan beberapa saat, lalu duduk. Ulangi 15 kali.
  • Untuk mengendurkan punggung dan mengencangkan otot lengan Anda, pegang sisi meja dengan kedua tangan. Perlahan, sambil duduk, dorong kursi ke belakang sampai wajah Anda melihat lantai dan kepala berada di antara dua tangan. Kemudian luruskan punggung Anda sambil menarik kursi ke arah meja. Ulangi hingga 15 kali.

Gerakan olahraga ringan dalam posisi berdiri


  • Jalankan kecil di tempat selama 60 detik. Dapat diubah dengan melompat menggunakan satu kaki, lalu ganti dengan kaki di sebelahnya.
  • Turun atau naik tangga, dua langkah sekaligus jika Anda ingin lebih banyak intensitas. Lakukan 5-7 kali sehari.
  • Berdiri dengan kaki kanan Anda. Tekuk lutut kiri dan arahkan kaki bagian bawah ke belakang sampai kaki menyentuh pantat. Lalu buat gerakan seperti "lompat tali". Setelah itu, lakukan juga dengan kaki di sebelahnya.
  • Lakukan gerakan tegak dengan bersandar di dinding. Berikan jarak Anda ke dinding sejauh panjang lengan. Rekatkan kedua telapak tangan ke dinding, lalu bawa tubuh Anda ke dinding, dengan kedua tangan ditopang. Push-up berdasarkan meja yang solid juga bisa menjadi pilihan latihan untuk memperkuat otot lengan.
  • Berjalan atau berlari di ruang kerja.
  • Berdiri dengan satu kaki, lalu  melompat (jumping jacks).
  • Push-up mengandalkan tumpuan pada meja ditempat kerja. Pastikan meja Anda cukup kuat untuk menopang berat tubuh.
  • Selain Push-up  di atas meja, Anda juga dapat mencoba pompa di dinding.
  • Pilih lokasi makan siang atau rapat di lokasi yang jauh dari kantor, tetapi Anda selalu dapat berjalan di sana dengan beberapa teman.
  • Anda juga dapat turun dari mobil lebih jauh dari kantor sehingga Anda dapat berjalan ke sana.
  • Jika memungkinkan, gunakan tangga sebagai ganti lift atau escalator
  • Alih-alih menghubungi melalui e-mail, pesan singkat atau telepon, Anda dapat langsung menuju konter meja. Begitu juga dengan berjalan kaki ke printer atau telepon, dan ATM.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai Manfaat Olahraga Ringan Yang Dilakukan di Kantor. Jangan membuat alasan untuk tidak bergerak, mulailah untuk melakukan hidup sehat dengan benar. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Olahraga Ringan Yang Dilakukan di Kantor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel