7 Cara Mengatasi Gigitan Serangga Pada Anak Yang Paling Praktis - Masamos.com

7 Cara Mengatasi Gigitan Serangga Pada Anak Yang Paling Praktis

7 Cara Mengatasi Gigitan Serangga Pada Anak Yang Paling Praktis

Cara Mengatasi Gigitan Serangga Pada Anak Yang Paling Praktis - Gigitan atau sengatan serangga pada anak-anak, baik oleh nyamuk, semut, lebah atau tawon, dapat membuat Ibu menjadi khawatir. Tapi jangan panik! Ayo, cari tahu cara untuk menyembuhkan gigitan serangga ini.

Dampak gigitan serangga pada anak-anak dapat bervariasi tergantung pada jenis serangga, tempat gigitan atau sengatan dan reaksi tubuh anak tersebut. Gigitan serangga dapat ditandai dengan gejala pembengkakan, gatal, atau nyeri pada permukaan kulit. Dalam kasus yang jarang terjadi, gigitan serangga dapat memicu reaksi alergi yang serius.

Alergi akibat gigitan atau sengatan serangga


Seperti yang sudah dijelaskan diatas ada juga tanda-tanda alergi gigitan atau sengatan serangga yang harus mendapatkan perawatan dokter seperti dibawah ini:

  • Masalah pernapasan seperti sesak napas yang dimulai setelah gigitan serangga 
  • Jika detak jantung anak meningkat secara signifikan
  • Mata, bibir dan tenggorokan membengkak
  • Timbulnya perasaan mual
  • Gatal atau ruam muncul di bagian tubuh lain selain yang terkena gigitan atau sengatan serangga
  • Jika anak tiba-tiba terlihat mengantuk atau pingsan setelah disengat serangga
  • Dalam kasus yang jarang terjadi, setelah satu atau dua minggu gigitan serangga, anak akan mengalami demam, nyeri sendi dan pembesaran kelenjar getah bening. 


Bagaimana cara mengatasi gigitan serangga pada anak


Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjauhkan anak dari serangga, kemudian menentukan jenis serangga yang menggigit atau menyengat anak Anda. Jika disengat lebah, Anda harus menghilangkan dengan cara mengambil sengat lebah yang tertinggal ditubuh anak Anda.

Caranya, ibu bisa menemukan benda dengan permukaan rata dan keras, seperti kartu ATM. Kemudian gunakan untuk mendorong sengat lebah yang tertinggal tadi. Dorong sengat lebah yang tertinggal di area kulit tadi, lakukan perlahan-lahan sampai sengat lebah bisa dikeluarkan.

Hindari menjepit dengan kuku sengat yang menempel pada kulit anak Anda atau menjepitnya dengan penjepit seperti pinset. Karena cara ini sebenarnya bisa membuat racun yang terkandung dalam sengat akan tersemprot masuk kedalam tubuh anak Anda. Ibu juga disarankan untuk membersihkan luka gigitan serangga atau sengatan yang mungkin masih melekat pada area yang terkena gigitan atau sengatan.

Setelah menghilangkan sengat dan membersihkan luka akibat gigitan atau sengatan serangga, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasi gigitan serangga pada anak:

1. Bersihkan bekas gigitan


Setelah memastikan tidak ada sengat atau bulu serangga yang tersisa di kulit anak Anda. Anda dapat mencuci area gigitan serangga dengan sabun yang tidak mengandung unsur parfum.

2. Kompres dengan air es


Setelah dicuci, kompres sengatan serangga dengan air es selama 10 menit. Kompresi dapat diulang beberapa kali. Langkah ini bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal, nyeri dan radang jaringan kulit akibat gigitan serangga.

3. Lepaskan aksesori


Jika anak Anda mengenakan aksesori di sekitar area kulit yang digigit serangga, Anda harus melepasnya segera. Karena jika ada pembengkakan, aksesori akan sulit untuk dilepaskan dan dapat melukai kulit di daerah tersebut.

4. Ingatkan anak-anak untuk tidak menggaruk


Ibu harus mengingatkan anak untuk tidak menggaruk area kulit yang terkena gigitan serangga, sehingga infeksi tidak terjadi. Ibu bisa memotong kukunya untuk mencegahnya menggaruk bagian yang sakit.

5. Kantong teh


Anda bisa menggunakan kantong teh, rendam dalam air panas kantong teh selama 10 menit lalu biarkan dingin. Setelah itu, peras air dari kantong teh dan oleskan ke bagian kulit yang digigit serangga. Kandungan tanin dalam teh akan membantu meredakan peradangan dan mengurangi pembengkakan kulit.

6. Oatmeal


Anda juga bisa menggunakan campuran oatmeal yang belum dimasak dengan air, lalu gosok pada bagian yang gatal. Jika Anda tidak ingin berpisah, Anda juga bisa membungkus campuran kedua bahan dalam kain kasa dan menempelkannya di kulit. Oatmeal akan membantu mengurangi peradangan dan meringankan rasa gatal pada kulit.

7. Berikan obat


Jika keluhan dari gigitan serangga terasa sangat mengganggu Anda, Anda dapat memberikan obat kepada anak Anda sesuai anjuran dokter. Misalnya, obat penghilang rasa sakit berbasis parasetamol, krim berbasis hidrokortison untuk mengobati pembengkakan dan rasa sakit, atau tablet antihistamin untuk mengurangi rasa gatal. Ingat bahwa sebelum memberikan obat kepada anak Anda, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.


Penutup


Demikian tadi cara mengatasi gigitan serangga pada anak yang paling praktis. Ibu juga harus segera memeriksa anak mereka dengan dokter anak jika rasa sakit dan bengkak tidak berhenti setelah beberapa hari, jika gigitan serangga ada di sekitar mulut, atau memiliki gejala demam disertai sesak napas. Semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Cara Mengatasi Gigitan Serangga Pada Anak Yang Paling Praktis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel