5 Cara Sederhana dan Praktis Menjaga Kesehatan Hati - Masamos.com

5 Cara Sederhana dan Praktis Menjaga Kesehatan Hati

Masamos.com, 5 Cara Sederhana dan Praktis Menjaga Kesehatan Hati - Seperti yang telah kita lihat, hati adalah salah satu organ penting tubuh manusia. Seperti jantung dan paru-paru, hati juga berfungsi beberapa fungsi vital yang tidak dapat diremehkan.

5 Cara Sederhana dan Praktis Menjaga Kesehatan Hati

Hati dapat berfungsi untuk menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh, menghasilkan beberapa jenis enzim, membantu mencerna makanan dengan menghilangkan zat yang berbahaya bagi tubuh.

Menurut Hermeet Suri, ahli gizi Ontario, fungsi hati terkait erat dengan kesehatan tubuh secara umum. Hati adalah organ yang memproduksi getah empedu yang mempertahankan sistem pencernaan makanan, menyimpan zat besi dan vitamin, dan mengontrol kadar lipid, glukosa dan asam amino dalam darah.

Karena peran dan fungsi penting, wajar jika Anda memberi perhatian khusus pada kesehatan hati. Tanpa sengaja banyak hal yang dapat menyebabkan memburuknya kesehatan organ-organ ini, seperti mengkonsumsi natrium yang berlebihan, kadar fruktosa yang terlalu tinggi di dalam tubuh, hingga kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi lemak trans.

Contoh makanan yang dapat mengganggu fungsi hati seperti biscuit, keripik, popcorn, dan makanan ringan lainnya yang serupa.

Cara sederhana dan praktis menjaga kesehatan hati


Cara sederhana dan praktis untuk memastikan bahwa kesehatan hati selalu terjaga? Anda tidak perlu khawatir ada beberapa bahan alami yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan hati, yaitu:

1. Bawang putih


Bawang putih mengandung allicin dan selenium, dua senyawa penting yang berperan dalam aktivasi enzim detoksifikasi di hati. Untuk manfaat optimal, Anda bisa mengonsumsi 1 bawang putih mentah setiap hari.

2. Sayuran hijau


Kandungan gizi dan serat yang tinggi dari sayuran dapat menjaga kesehatan hati. Sayuran, terutama yang kaya klorofil, seperti kubis, sawi, kubis, bayam dan selada, telah terbukti mengandung antioksidan dan belerang alami yang bertindak sebagai agen detoksifikasi. Akibatnya, kerja hati akan menjadi lebih ringan, yang akan mengurangi risiko gangguan.

3. Lemon dan jeruk


Tahukah Anda bahwa kandungan vitamin C yang tinggi dari lemon dan jeruk nipis efektif untuk menghancurkan zat asing dan beracun yang masuk ke dalam tubuh melalui air? Selain itu, senyawa hadir dalam dua bahan alami ini juga berkontribusi pada produksi enzim hati anti-karsinogenik.

Jadi, selain menjaga kesehatan hati, Anda juga telah meminimalkan kemungkinan munculnya sel kanker di dalam tubuh.

4. Alpukat


Satu studi menemukan bahwa konsumsi rutin 1 hingga 2 buah alpukat segar setiap minggu dapat memperbaiki fungsi hati yang rusak. Karena senyawa glutathione dan antioksidan yang ditemukan dalam alpukat dapat memfasilitasi proses detoksifikasi racun dari tubuh.

Jadi, daripada menggunakan hati untuk bekerja keras membuang racun, ada baiknya bagi Anda dan keluarga Anda untuk mulai menambahkan alpukat ke daftar makanan mingguan.

5. Kunyit


Meskipun ukurannya kecil, kunyit sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati. Kandungan kurkumin dari agen penyedap ini dapat mengurangi peradangan dan peradangan hati, mempercepat proses pencernaan lemak, menstimulasi produksi getah biliaris.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai 5 cara praktis menjaga kesehatan hati. Selain mengonsumsi bahan-bahan di atas secara teratur, Anda juga dapat menjaga hati Anda sehat dengan meminimalkan konsumsi makanan instan berkalori tinggi dan membiasakan minum air yang cukup setiap hari. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Cara Sederhana dan Praktis Menjaga Kesehatan Hati "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel